Home Coretan Strategi Meningkatkan Potensi Desa Wisata Cibuntu (Juara II Lomba Menulis Artikel Saran Membangun untuk Desa Wisata Cibuntu)
Coretan - December 17, 2021

Strategi Meningkatkan Potensi Desa Wisata Cibuntu (Juara II Lomba Menulis Artikel Saran Membangun untuk Desa Wisata Cibuntu)

Klikkuningan.com – Saat ini Desa Wisata merupakan program unggulan pemerintah dan progam strategi nasional. Desa wisata merupakan satu dari sekian program pemerintah untuk menciptakan dan menumbuhkan kreativitas dan perekonomian masyarakat (Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2015).

Masyarakat diberikan kekebasan untuk dapat memberikan sumbangsih ide, pikiran dan mengelola desanya sendiri sesuai dengan potensi yang ada baik itu dari sumber daya alam dan sumber daya manusia itu sendiri.

Desa Wisata Cibuntu terbentuk dari masyarakat yang menyadari akan potensi desanya. Masyarakat Desa Cibuntu saling bahu-membahu dan bekerjasama untuk menciptakan Desa Wisata dengan bimbingan dari Disporapar Kabupaten Kuningan dan STP Pasca Sarjan Trisakti Jakarta.

Dengan mempertahankan kealamian dari potensi desa yang indah nan asri dengan karakter keramahan masyarakat terhadap pegunjung merupakan konsep awal terciptanya Desa Wisata Cibuntu.

Kemudian pada tahun 2012 Pemerintah Kabupaten Kuningan menetapkan Desa Cibuntu sebagai Desa Wisata. Selain itu Desa Wisata Cibuntu menerapkan kebijakan homestay yang pelaksaannya dikelola oleh masyarakat.

Penghargaan Desa Wisata terbaik merupakan sebuah prestasi dari Desa Wisata Cibuntu. Desa Wisata Cibuntu meraih penghargaan karena prestasinya disektor wisata alam, sejarah, agrowisata, homestay dan sumber air. Diantaranya pada tahun 2016 Desa Wisata Cibuntu mendapat peringkat ke-5 untuk tingkat ASEAN sebagai desa wisata terbaik di Jawa Barat dan mewakili Indonesia untuk aspek homestay.

Kemudian pada tahun 2017 Desa Wisata Cibuntu kembali meraih penghargaan desa wisata terbaik peringkat ke-2 oleh Kementrian Pariwisata Indonesia dalam perayaan Community Based Tourism (CBT), serta peringkat ke-1 tingkat Kabupaten pada lomba Sapta Pesona.

Pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang kreatif menjadi kelebihan tersendiri bagi Desa Wisata Cibuntu. Kelebihan Desa Wisata Cibuntu diantaranya yaitu potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia setempat yang mendukung terciptanya Desa Wisata Cibuntu.

Desa yang terletak di kaki Gunung Ciremai dengan menyajikan keindahan alam pegunungan Ciremai, disertai dengan bukit, mata air, curug, dan hamparan perkebunan karet serta pertanian yang dapat memanjakan mata wisatawan.

Selain itu, situs warisan sejarah dan purbakala seperti kuburan batu dengan kapak genggam yang terbuat dari batu menjadi bagian dari wisata sejarah.

Terlebih lagi Desa Wisata Cibuntu memiliki kearifan dan budaya lokal, kesenian, dan kerajinan menjadi karakter tersendiri yang menarik bagi para pengunjung.

Dalam upaya peningkatan potensi Desa Wisata Cibuntu terus mengembangkan potensi lainnya seperti adanya kampung kambing, area perkemahan, kolam renang, panahan, penanaman bibit teh,bunga dan juga kebun sayuran yang sudah barang tentu akan menjadi daya tarik tersendiri dengan harapan meningkatkan perekonomian setempat.

Berdasarkan pengamatan dilapangan menunjukkan beberapa saran dengan harapan dapat diupayakan sebagai bentuk usaha untuk dapat meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian Desa Wisata Cibuntu.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan yang diharapkan menjadi parameter peningkatan pariwisata Desa Wisata Cibuntu serta dapat direalisasikan oleh baik pemerintahan, pengelola, serta masyarakat Desa Cibuntu.

Diantaranya yaitu:
Giat dan semangat mempromosikan Desa Wisata Cibuntu untuk menarik pengunjung. Sudah barang tentu menjadi bagian pengelola Desa Wisata Cibuntu dan masyarakatnya untuk melakukan banyak upaya untuk mengenalkan dan mempromosikan Desa Wisata Cibuntu.

Selain dengan media sosial yang dapat diakses kapan dan dimana saja oleh masyarakat banyak, membuat pamflet, video promosi wisata, brosur yang menarik, atau bahkan dengan mendatangi beberapa area sekitar baik sektor umum, Pendidikan, kantor-kantor dan lain sebagainya dengan menawarkan berbagai kegiatan, promo, memberikan keuntungan yang didapat jika mengadakan acara tertentu di Desa Wisata Cibuntu.

Terlebih lagi jika Desa Wisata Cibuntu sering mengadakan event-event lain yang dapat diikuti oleh masyarakat Kabupaten Kuningan dengan kegiatan yang menarik bagi pengunjung, tentu akan menarik minat pengunjung untuk datang berwisata di Desa Wisata Cibuntu misalnya saja gebyar tournament panahan, gebyar kesenian, bazar kuliner, dan masih banyak lagi.
Selain mempromosikan melalui media sosial, membuat papan reklame yang menarik dan papan penunjuk jalan menuju Desa Wisata Cibuntu juga diperlukan.

Pemasangan papan reklame dan penunjuk jalan kemudian dapat dipasang dilokasi-lokasi strategis yang mudah terlihat. Hal tersebut dimaksudkan dengan harapan dapat lebih meningkatkan serta menarik minat pengunjung dan memudahkan bagi wisatawan untuk menuju Desa Wisata Cibuntu.

Kemudian, pentingnya pengadaan signal tower sebagai sarana komunikasi untuk memudahkan akses komunikasi di Desa Wisata Cibuntu. Sehingga, tidak menjadi blank spot area untuk provider lainnya.

Karenanya bagi para pengunjung yang berwisata ke Desa Wisata Cibuntu tidak akan merasa kesulitan untuk berkomunikasi dan mengakses internet dengan nyaman. Selain itu, dengan akses jaringan telepon juga internet yang lancar akan memudahkan mempromosikan Desa Wisata Cibuntu baik didalam maupun luar negeri di media sosial dan media lainnya.

Terlebih lagi, dengan kemudahan akses jaringan internet diharapkan akan menarik investor untuk berinvestasi di Desa Wisata Cibuntu,

Sebagai bahan masukan berikutnya yaitu infrastruktur jalan. Dengan memperluas akses jalan raya sebelum menuju Desa Cibuntu, memperluas jalan dan area parkiran di Desa Wisata Cibuntu.

Hal ini dimaksudkan ketika ada kendaraan-kendaraan besar seperti bus, atau kendaraan pribadi yang datang baik dari dalam, maupun luar kota sehingga tidak mengalami kesulitan mengakses jalan ketika adanya lonjakan wisatawan terlebih ketika musim liburan tiba.

Pemanfaatan kampung kambing sebagai wahana edukasi. Dalam pengelolaannya kampung kambing tidak hanya sekedar wisata untuk memberi makan kambing saja, melainkan sebagai wisata edukasi baik untuk anak-anak atau pengunjung yang tertarik dengan kampung kambing.

Wisata edukasi dapat dilakukan seperti bagaimana perkembangbiakan kambing, bagaimana cara memanfaatkan dan pengolahan kotorannya dan lain sebagainya.

Selain itu, alangkah baiknya jika dapat memanfaatkan kampung kambing itu sendiri dengan memanfaatkan kambing itu sendiri sebagai kuliner ciri khas Desa Wisata Cibuntu.

Kuliner dengan berbahan dasar daging kambing seperti sate kambing, gulai kambing, sup kambing dan menu lainnya.

Apalagi jika dapat menawarkan menu kambing guling untuk acara-acara tertentu seperti perkemahan atau event lainnya.

Sehingga pemanfaatan kampung kambing betul-betul menjadi wisata edukasi yang memiliki keunikan tersendiri.Kemudian pemanfaatan kebun nanas sebagai wisata buah.

Ada baiknya jika di area kebun nanas dilakukan penataan kembali untuk menjadi wisata buah. Dengan menata kembali area kebun nanas tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Kemudian para wisatawan dapat sekaligus memetik buah nanas tersebut. Pengunjung hanya cukup memetik berapa banyak buah nanas yang diinginkan untuk kemudian dibayar kepada pihak pengelola.


Tersedianya rumah makan khas Desa Wisata Cibuntu sebagai penunjang wisata kuliner. Selain dari tersedianya warung yang menyediakan makanan yang dikelola oleh masyarakat sekitar, ada baiknya jika menyediakan rumah makan di Desa Wisata Cibuntu.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan makanan ciri khas Desa Wisata Cibuntu juga dengan pemanfaatan kambing sebagai menu utamanya.

Disamping itu, pengunjung pun tidak harus keluar dari Desa Wisata Cibuntu untuk mencari makan dikarenakan jarak yang lumayan jauh untuk menuju akses jalan utama.

Sehingga, jika pengelola dapat merealisasikanya dimungkinkan pengunjung akan dapat menikmati hidangan dan tidak kesulitan ketika pengunjung tidak membawa perbekalan.
Pengadaan buah tangan yang menarik untuk pengunjung.

Desa Wisata Cibuntu dapat meningkatkan sumber daya masyarakatnya dengan meningkatkan perekonomian masyarakat yaitu membuat kerajinan tangan lainnya selain dari benda-benda yang termasuk kedalam ekraft.

Seperti misalnya, buah tangan yang terbuat dari bambu yang dapat dijadikan vas bunga, tempat pensil, bingkai foto, vas bunga dan lain sebagainya.

Selain itu, pengadaan buah tangan gantungan kunci juga akan menarik untuk para wisatawan. Gantungan kunci dengan bertuliskan I love Desa Wisata Cibuntu atau ikon Desa Wisata Cibuntu, spot menarik Desa Wisata Cibuntu, miniature angklung atau bahkan dapat memproduksi kaos dengan bertuliskan atau diberi ikon Desa wisata Cibuntu itu sendiri.

Terlebih lagi jika buah tangan tersebut dijual dengan harga yang terjangkau tentunya akan menarik minat wisatawan untuk membelinya.
Menumbuhkan ekonomi kreatif masyarakat dengan membuat makanan ciri khas Desa Cibuntu. Mengadakan edukasi pelatihan dengan bekerja sama dengan pemerintah desa setempat dan pihak lainnya agar senantiasa dapat meningkatkan sumber daya masyarakat Desa Cibuntu.

Masyarakat khususnya bagi kaum perempuan dapat mengolah makanan ringan seperti misalnya keripik nanas, selai nanas, dodol nanas, atau makanan ringan khas dari Desa Wisata Cibuntu yang lainnya.

Dengan memanfaatkan bahan baku apa yang menjadi andalan Desa Cibuntu yang dapat dijadikan sebagai buah tangan. Sehingga, Desa Wisata Cibuntu akan memiliki ragam pilihan kuliner yang dapat dijadikan buah tangan serta tidak menutup kemungkinan untuk memasarkannya diluar Desa Wisata Cibuntu itu sendiri.

Tersedianya toko oleh-oleh sebagai sarana penunjang ekonomi Desa Wisata Cibuntu.

Dengan maksud untuk memperkenalkan, menampung dan memasarkan hasil kerajinan tangan dan makanan yang diproduksi oleh masyarakat setempat.

Karenanya, tidak heran bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar kota ketika berwisata identik dengan membeli oleh-oleh. Tentunya area tersebut berbeda dengan area alat kesenian dan area ekraf.

Beberapa saran yang dapat meningkatkan pariwisata dan perekonomian Desa Wisata Cibuntu tidak terlepas dari tidak sedikitnya finansial yang diperlukan.

Oleh karenanya, dibutuhkan kegigihan, kerja keras dan kerja sama dari Pemerintah setempat, Pemerintah Daerah, Kelompok Penggerak Pariwisata, atau lembaga lainnya serta investor dari masyarakat Desa Cibuntu sendiri, atau investor lain untuk berinvestasi di Desa Wisata Cibuntu.

Sehingga, Desa Wisata Cibuntu kedepan menjadi pusat pariwisata kebanggaan Kabupaten Kuningan. Dan besar harapan agar potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia Desa Wisata Cibuntu akan terus berkembang dan meraih prestasi kembali baik di Indonesia, tingkat ASEAN maupun luar negeri.

Oleh: Dian Aprianti, S.Pd.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also

Pisah Sambut, Letkol CZI David Nainggolan Terkesan dengan Keramahan Masyarakat Kuningan

KUNINGAN- Selama 19 bulan bertugas menjabat sebagai Dandim 0615/Kuningan, Letkol CZI David…