Home Headline Tiga Hari Lagi Insentif Nakes Cair
Headline - Kesehatan - News - July 30, 2021

Tiga Hari Lagi Insentif Nakes Cair

Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan hari Senin nanti (02/8) akan segera mencairkan tiga bulan Insentif Tenaga Kesehatan terhitung dari bulan Januari-Maret 2021.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dr. Asep Taufik Rohman, M.Si., M.Pd saat diwawancara di halaman Setda Kabupaten Kuningan.

Menurut Asep Taufik, dirinya bersama Kepala Dinas Kesehatan dr. Susi Lusiyanti, Direktur RSUD 45 dr Deki Saefullah dan Direktur RSUD Linggarjati Kuningan dr Edy Martono, tadi pagi sudah bertemu dengan Bupati Kuningan untuk rapat kesiapan pembayaran Insentif Nakes ini.

“tadi sudah berkomitmen akan dibayarkan dulu verifikasi yang sudah selesai 3 bulan, senin akan kita cairkan, kalau seandainya berkasnya sudah masuk ke saya pengajuan SPMnya, berkasnya saya tunggu hari ini atau senin pagi tadi kesepakatannya” Jelasnya.

Lebih lanjut Asep Taufik menjelaskan untuk insentif nakes, Bupati, Wabup dan Sekda melalui TAPD, sudah menganggarkan karena memang itu instruksi dari Mendagri, PMK, Menteri Keuangan dan Menkes, bahwa insentif yang tadinya kewajiban pusat sekarang diserahkan ke daerah tahun 2021, termasuk di dalamnya 3 bulan akhir tahun 2020.

“Untuk yang 3 bulan akhir tahun 2020 sudah dicairkan, untuk 2021 bukan terlambat, karena memang regulasinya baru datang, bahwa regulasi dari Kemenkes dan Permendagri mengatakan bahwa setiap daerah memberikan insentif tenaga kesehatan itu tidak ada klausul disesuaikan dengan kemampuan daerah tetapi harus disesuaikan dengan Permenkes 2020.

“Kami sudah menganggarkan sesuai dengan Permenkes 2020, setelah ada regulsi kita anggarkan bukan pada anggaran BTT tapi dianggarkan pada kegiatan masing-masing, RS Lingarjati di lInggarjati, RSUD 45 di 45 dan Dinas Kesehatan di Dinas Kesehatan” Lanjutnya.

Namun menurutnya, persoalannya tidak semudah apa yang terpikirkan, mereka harus memverifikasi siapa berbuat apa, mendapat berapa, karena uang itu langsung ke rekening masing-masing tenaga kesehatan.

“Karena harus tepat jumlah dan tepat sasaran, tadi sudah berkomitmen akan dibayarkan dulu yang sudah selesai verifikasinya yang 3 bulan, kalau ada pertanyaan kapan untuk sisanya, secepatnya setelah verifikasi selesai” Ujarnya.

Menurutnya, yang terpenting Pemda, Dinkes, RSUD 45 dan RS Lingarjati akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa dicairkan secepatnya, karena aturan verifikasi itu dilaporkan secara online ke Kemenkes dari seluruh Indonesia.(BP)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bersama Kodim 0615 Kuningan, Perwosi Gelar Gebyar Vaksin untuk Pelajar

Sebagai salah satu upaya untuk melakukan pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan C…