Home Headline CSR IFG Bantu Cipasung, Desa Binaan STP Trisakti
Headline - News - Wisata - April 12, 2021

CSR IFG Bantu Cipasung, Desa Binaan STP Trisakti

Desa wisata Cipasung sedang dalam proses perkembangan untuk menjadi lebih baik dari awal dibentuknya konsep desa wisata di kawasan ini. Sebagai inovasi sistem maka dibuatlah sebuah konsep untuk membentuk konsep yang khas sebagai desa wisata dengan pendekatan agrowisata kopi di Desa Cipasung.

Rintisan Desa Agrowisata Kopi Desa Cipasung didukung penuh oleh CSR Indonesia Finance Group (IFG), Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Kelompok Tani Kopi, Pokdarwis, dan Desa Wisata Cipasung. BUMN Askrindo, Jamkrindo, Jasa Raharja, dan Jasindo sebagai anggota Indonesia Financial Group (IFG) menyalurkan CSR kepada Kelompok Petani Kopi Sirung Tanjung Desa Wisata Cipasung yang dikelola dan dilaksanakan oleh STP Trisakti dari Bulan Maret sampai dengan Agustus 2021.

Salah satu program yang dilaksanakan penyerahan alat pasca panen, roasting, dan mesin espresso. (09/4).Atas terselenggaranya kegiatan ini, Bupati Kuningan sangat mengapresiasi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta yang sangat konsisten mendukung program pemerintah kabupaten Kuningan.

Menurut Bupati hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam mewujudkan pembangunan kawasan perdesaan berbasis pertanian, wisata, budaya dan potensi lokal untuk mempercepat pertumbuhan serta pemerataan ekonomi rakyat.

” Kuningan mempunyai beragam potesi wisata alam, sejarah, budaya, dan agrowisata yang tersebar di beberpa desa se kabupaten kuningan. diantaranya adalah Kopi Ciremai, Gunung Aci, Jenis Arabica, Robusta, dan jenis Liberica yang merupakan Variete khas dengan aroma nangka, kekhasan-kekhasan ini dapat kita jadikan sebagai peluang untuk memunculkan branding image di desa wisata rintisan Cipasung.” Tutur Bupati.

Bupati menambahkan, munculnya branding sebuah produk harus dijadikan sebagai ide kreatif yang mampu memperkuat lokal. menurutnya, trend desa wisata seharusnya dapat mengintegrasikan umkm melalui distribusi produk bagi para wisatawan, sehingga dengan konsep yang kreatif, desa wisata bisa berkembang dan berdaya saing.
“penting untuk meningkatan pelayanan yang lebih baik bagi para tamu dan pengunjung, sehingga desa wisata cipasung ini betul-betul memiliki kesan dan mampu memberikan pengalaman batin.” pungkasnya

Bupati Kuningan juga mengucapkan terimakasih kepada STP Trisakti yang dari tahun 2012 sudah memberikan pengabdiannya dalam perkembangan pariwisata di destinasi Kabupaten Kuningan, dan kepada IFG yang memberikan perannya dalam penyaluran dana CSR kepada Desa Cipasung dalam pengelolaan kelompok tani kopi.

Sementara itu, dalam sambutannya  Ketua STP Trisakti Fetty Asmaniati, SE., MM berharap, SPT Trisakti selalu bisa memberikan manfaat kepada seluruh pihak khususnya untuk masyarakat di Kabupaten Kuningan.
Fetty menyampaikan ucapan terimakakasih kepada CSR IFG yang telah memberikan kepercayaan pengelola dana CSR di desa binaan STP Trisakti.

Perwakilan IFG, Adrian Wisnu Paranngi, dalam sambutannya menerangkan peran IFG dalam program pengembangan masyarakat melalui dana CSR. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti Peresmian Agrowisata Kopi Sirung Tanjung Desa Wisata Cipasung oleh Ketua STP Trisakt, Bupati Kuningan, dan  Perwakilan Indonesia Financial Group (IFG) sebagai simbol Kerjasama Pentahelix (Academic, Business, Government, Community, dan Media).

Hadir mewakili Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yaitu Ibu Fetty Asmaniati selaku Ketua dan Ibu Nurbaeti selaku Waket II. Perwakilan IFG hadir yaitu Pak Adrian Wisnu Paranngi, dinas terkait dan komunitas dan pelaku kopi Kabupaten Kuningan.
Keesokan harinya,kegiata dilanjutkan dengan Pelatihan Roasting oleh Saudara Zeze (roaster Kabupaten Kuningan) kepada peserta pelatihan Barista, dan pada hari Sabtu, 10 April dilanjutkan dengan manajemen coffeeshop dengan materi pelatihan pricing kepada produk kopi yang akan disajikan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bersama Kodim 0615 Kuningan, Perwosi Gelar Gebyar Vaksin untuk Pelajar

Sebagai salah satu upaya untuk melakukan pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan C…