Home Headline Sekda : Healing Forest, Pentingnya Harmonisasi dengan Alam
Headline - Kesehatan - Wisata - March 31, 2021

Sekda : Healing Forest, Pentingnya Harmonisasi dengan Alam

Sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ir. Hikmat Ramdan, S.Hut. M.Si, IPU, Dosen Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung, kondisi alam Cisamaya Desa Pasawahan sangat tepat untuk dibuat menjadi Healing Forest.
Healing Forest atau terapi hutan Ini bisa menjadi cara baru untuk memulihkan stres baik fisik maupun mental. Suasana hutan yang alami memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Saat menjadi nara sumber dalam kegiatan pelatihan dasar Cisamaya Healing Forest (28/3) yang diikuti oleh puluhan mahasiswa dari ITB dan IPB, Tenaga Kesehatan, budayawan,dan unsur masyarakat lainnya, dihadapan para peserta Dr Hikmat Ramdan menyampaikan Healing Forest ini tengah menjadi tren dunia, terapi ini dilakukan dengan cara memasuki sebuah kawasan hutan, lalu membiarkan hutan tersebut terhubung dengan semua indra kita, seperti indra penciuman, pengecap, penglihatan, pendengaran, perabaan, dan gerakan.

“kondisi alam Cisamaya Desa Pasawahan sangat tepat untuk dibuat menjadi Healing Forest” Jelasnya dihadapan peserta.

Sekda Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar yang hadir dalam kegiatan ini, saat mendengar penjelasan dari Dr. Hikmat Ramdan tentang Healing Forest ini merasa takjub, menurutnya Healing Forest merupakan susuatu yang unik dan sangat diperlukan.

“ini sangat luar biasa, tadi sudah diskusi dengan prof, healing forest ini suatu yang unik dan dengan kondisi kekinian ini sangat diperlukan, saya meyakini kalau ini sudah diolah,ditata dengan baik, dari sistem, penataan infrastruktur dan sebagainya ini merupakan daya tarik tersendiri” Jelas sekda.

Ditemani Dr, Hikmat Ramdan, Sekda bahkan mencoba melakukan Healing Forest di Cisamaya ini, seperti berjalan menyusuri hutan, memeluk pohon dan berteriak.  Sekda merasakan interaksi dengan alam adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan.

“saya kira ke depan , hal-hal yang bersifat khusus akan dicari orang, bagaimana mendorong kembali kesadaran kolektif masyarakat untuk lebih memahami betapa pentingnya berinteraksi harmonis dengan alam” Pungkas Sekda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Inilah Para Pemenang Lomba Menulis Untuk Cibuntu

Klikkuningan.com – Sudah sekitar sebulan yang lalu Desa Wisata Cibuntu menggelar lom…