Home Headline Ibu Hamil Desa Cipondok, Rutin Ikuti Kelas Ibu Hamil
Headline - Kesehatan - 3 weeks ago

Ibu Hamil Desa Cipondok, Rutin Ikuti Kelas Ibu Hamil

Untuk meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, Bidan Desa Cipondok rutin melaksanakan Kelas Ibu Hamil untuk seluruh ibu hamil di Desa Cipondok.

“Kelas ibu hamil.rutin dilakukan sebulan sekali” Jelas Bidan Desa Cipondok, Annisa saat ditemui di Bale Desa Cipondok (25/3).

Menurutnya, manfaat lainnya adalah untuk
perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat.

“Sasarannya seluruh ibu hamil yang ada di Desa Cipondok” Lanjut Annisa.

Bidan Annisa menjelaskan, dengan adanya Kelas Ibu Hamil diharapkan dapat menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), dan Menurunkan angka kejadian stunting.

“Biasanya kita isi dengan kegiatan pemberian materi kepada ibu hamil, simulasi, seperti : simulasi memandikan bayi, menyusui, breastcare dll dan senam hamil”

Idealnya, menurut Annisa pelaksanaan kelas ibu hamil diikuti juga oleh suami dari ibu hamil tersebut, karena ibu hamil perlu support system dari lingkungan di sekitarnya, namun karena keterbatasan waktu dan lain sebagainya suami dari ibu hamil belum bisa ikut kegiatan kelas ibu hamil.

“Dukungan dari suami (support system) untuk mengikuti kegiatan kelas ibu hamil dan dukungan dari sektor lain dalam mendukung kegiatan ini sangat dibutuhkan” pungkasnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

CSR IFG Bantu Cipasung, Desa Binaan STP Trisakti

Desa wisata Cipasung sedang dalam proses perkembangan untuk menjadi lebih baik dari awal d…