Home Headline Untuk Tingkatkan Produktivitas, Petani Nanggela akan bentuk Kelompok Tani
Headline - Ragam Info - 3 weeks ago

Untuk Tingkatkan Produktivitas, Petani Nanggela akan bentuk Kelompok Tani

Sekelompok Petani di Desa Nanggela Kecamatan Mandirancan memiliki keinginan untuk membentuk suatu wadah Kelompok Tani untuk dapat melakukan peningkatan produk dan produktivitas di bidang pertanian.

Mahdar Wijaya Sakti, salah satu Petani, menyampaikan keinginan ini didasari niatan dari beberapa Petani untuk memiliki wadah sesuai tujuan dibentuknya Kelompok Tani yakni salah satunya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar tumbuh dan berkembang menjadi usahatani yang mandiri melalui pemanfaatan dan akses kepada sumber informasi dan teknologi sehingga dapat meningkatkan produktivitas, pendapatan serta kehidupan yang lebih baik.

“Saat ini sudah lebih dari 10 Petani yang memiliki niatan sama untuk membentuk Kelompok Tani” Ujar Sakti.

Menurut Petani yang sedang menanam Cabai di lahan seluas 4.900 meter persegi ini, dengan adanya Kelompok Tani diharapkan dapat memperkuat kerjasama, baik di antara sesama petani dalam kelompok tani dan antar kelompok tani maupun dengan pihak lain, sehingga diharapkan usahatani lebih efisien dan mampu menghadapi ancaman, tantangan, hambatan, serta lebih menguntungkan.

“Luas lahan yang dimiliki para Petani cukup bervariasi, dari yang ratusan meter sampai  yang ribuan meter, kalau sekarang sih lagi tanam kacang panjang, timun sama cabe” Lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, Wiwik Latifah salah satu PPL UPTD Pertanian Mandirancan menyambut baik keinginan sekelompok Petani dari Desa Nanggela ini, pihaknya berjanji akan membantu untuk mewujudkan keinginan dari para Petani ini.

“Simpel kok, Calon anggota minimal 8-10 orang, nanti kita adakan pertemuan untuk membentuk kelompok dan susunan pengurusnya” Jelasnya.

Lebih lanjut, Wiwik menjelaskan setelah dilakukan pertemuan, selanjutnya nanti akan dibuatkan berita acara untuk ditindaklanjuti dengan pemberian SK Kelompok Tani dari Kepala Desa.

“Simpel kok sebenarnya, Insya Allah birokrasi gak ruwet, dan kita siap membantu dan mendampinginya” Pungkasnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

CSR IFG Bantu Cipasung, Desa Binaan STP Trisakti

Desa wisata Cipasung sedang dalam proses perkembangan untuk menjadi lebih baik dari awal d…