Home Agenda Kodim 0615 Kuningan Bekali Pelajar SMA dengan Wasbang
Agenda - March 23, 2021

Kodim 0615 Kuningan Bekali Pelajar SMA dengan Wasbang

KODIM 0165/KNG – Kodim 0615/Kuningan menggelar kegiatan Wawasan Kebangsaan Semester I T.A. 2021 di Aula Makodim, Jl. R.E. Martadinata Kuningan, Selasa (23/3/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 pelajar tingkat SMA gabungan se wilayah Kabupaten Kuningan.

Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi David Nainggolan, S.T. melalui Pasi Ter Kodim 0615/Kuningan, Kapten Arh M. Aep Rusli mengatakan para pelajar ini dibekali materi kebangsaan agar tidak terpengaruh hal negatif dari kehidupan global.

“Perlu disadari bahwa pengaruh kehidupan global tidak sepenuhnya sesuai dengan tata nilai bangsa Indonesia bahkan secara perlahan. Namun, masuknya nilai-nilai baru itu justru dapat memudarkan rasa kebangsaan terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutur Kapten Aep.

Ia menjelaskan, pengaruh ini sulit dicegah akibat dari kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi, serta transportasi.

Dan memungkinkan generasi muda bisa mengakses secara mudah berbagai informasi dari segala penjuru dunia, tanpa adanya penyaringan.

“Wawasan Kebangsaan merupakan konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah yang meliputi darat, laut, dan udara. Hal itu juga mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan dan, keamanan,” jelas Pasi Ter.

Kemudian, peserta diberikan materi mengenai Empat Pilar Konsesus Dasar Bangsa Indonesia oleh Kapten Inf Ibnu. Materi Bahaya Narkoba dan Pergaulan Seks Bebas diberikan oleh Kapten Arm Hambali.

Selain itu, materi Bela Negara disampaikan oleh Kapten Inf Muadi. Etika Pergaulan oleh Kapten Kav Suharto. Dan materi Proxy War atau Perang Siber oleh Lettu Inf Haerullah Madiabu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Danrem 063/SGJ Tinjau Perkembangan Pembangunan IPAL

KODIM 0615/KNG – Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P., men…