Home Headline 2 Mahasiswi Malaysia, Kuliah di Uniku
Headline - Pendidikan - March 22, 2021

2 Mahasiswi Malaysia, Kuliah di Uniku

Pada akhir pekan kemarin Sabtu (20/03/2021) kemarin, telah dilaksanakan proses penerimaan mahasiswa dari SOC UUM secara daring dengan menggunakan media Google Meeting. Acara tersebut, dihadiri oleh Kepala Kantor Hubungan Internasional dan Kerjasama Iqbal Araniri, MM, Pimpinan Fakultas Ilmu Komputer (FKOM), dan dosen pengampu mata kuliah.

Menurut Kepala Kantor Hubungan Internasional dan Kerjasama Universitas Kuningan (Uniku) Iqbal Arraniri, MM., Senin (22/03/2021), mengatakan, bahwa kerjasama antara UUM dan Uniku harus terus terjalin sebagai bukti dan implementasi dari perjanjian kerjasama yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak.

“Kerjasama antara Uniku dengan UUM harus terus terjalin. Kegiatan seperti ini, merupakan salah satu bentuk dari realisasi kerjasama yang sudah disepakati dan ditandatangani oleh kedua belah pihak,” tuturnya.

Dikatakannya, proses kerjasama antara Universitas Kuningan (Uniku) dengan University Utara Malaysia (UUM) sudah terjalin sejak tahun 2016.

“Kegiatan pertukaran mahasiswa ini merupakan salah satu kegiatan yang dilatarbelakangi oleh program kerja antara Universitas Kuningan (Indonesia) dengan Universiti Utara Malaysia (Malaysia),” katanya.

Dijelaskannya, Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) melakukan kerjasama dengan School Of Computing UUM dalam bidang penelitian dan pertukaran pelajar.

“Pertukaran pelajar tersebut, dimulai pada tahun 2018 dengan UUM mengirimkan tiga (3) mahasiswanya ke Universitas Kuningan,” jelasnya.

Kemudian, masih menurutnya, pada tahun 2019 UUM juga kembali mengirimkan empat (4) orang mahasiswanya ke Universitas Kuningan (Uniku).

“Pada tahun 2019 dan 2020 juga ada 1 orang mahsiswa dari Universitas Kuningan belajar di UUM,” ujarnya.

Sedangkan, Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Tito Sugiharto, M.Eng., mengungkapkan, rasa syukur, bangga dan apresiasi atas kepercayaa untuk kembali menerima mahasiswa dari UUM belajar di FKOM Uniku.

“Alhamdulilah pada tahun 2021, Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) kembali dipercaya untuk menerima dua (2) orang mahasiswi dari School Of Computing UUM Malaysia. Kedua mahasiswa UUM tersebut, atas nama Kerry Wong dan Goh Yon Ching,” ungkapnya.

Menurutnya, Kepercayaan dari SOC UUM Malaysia ini, membuktikan bahwa Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) memiliki kualitas dan kompetensi yang baik.

“Ini membuktikan bahwa Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) memiliki kualitas dan kompetensi yang baik,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk teknis pelaksanaan kuliah akan dijelaskan secara rinci oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Rio Andriyat, M.Kom.

“Pelaksanaan perkuliahan di semester genap tahun akademik 2020/2021 dilaksanakan secara daring menggunakan fasilitas E-Class. Semua materi dan absensi dilakukan di E-Class,” jelasnya.

Dikatakannya, Kerry Wong dan Goh Yon Ching merasa sangat senang dan bahagia dapat mengikuti kegiatan virtual mobility tahun ini. Mereka berharap dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan dapat diberikan kelancaran.

“Semoga kedepannya Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan dapat menjalin kerjasama lebih erat dengan UUM Malaysia dalam bidang-bidang lainnya,” pungkasnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tiga Hari Lagi Insentif Nakes Cair

Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan hari Senin nanti (02/8) akan segera mencairkan tiga b…