Home Headline Geliat Sastra Cyber Semakin Menjamur Di Medsos
Headline - Ragam Info - Sastra - March 5, 2021

Geliat Sastra Cyber Semakin Menjamur Di Medsos

Dunia literasi atau yang biasa di kenal dengan dunia tulis menulis dan membaca, khususnya para pelaku sastra puisi, cerita pendek juga novel. Saat ini sudah menjadi trend bagi para pelaku sastra.

Hal tersebut, semakin terlihat dengan banyaknya bermunculan bak jamur di musim hujan, seperti komunitas atau group sastra cyber di facebook. Pasalnya, dunia literasi atau sastra, menjadi suatu kenikmatan tersensiri bagi para pelakunya dan para pembaca.

Selain menjadi ajang untuk bahan diskusi karya tulis puisi atau cerita novel fiktif maupun non fiktif, para penulis tersebut bisa menambah lagi wawasan, khususnya di bidang kesustraan.

Hal tersebut, di katakan langsung oleh seorang pelaku sastra, yang biasa akrab di sapa Ali Baba.

“Dunia sastra itu memang nampak biasa saja. Namun pada dasarnya ilmu sastra itu, sangat luas. Seperti puisi, naskah teater, naskah film pendek maupun bioskop serta syair lagu itu juga sebagian dari sastra. Serta dunia literasi, dan banyak lagi ilmu sastra lainnya.” Jelas Ali. Rabu, ( 03/03/21 ).

Lebih lanjut ali, juga menambahkan. Saat ini, selain orang tua, dewasa dan anak-anak juga banyak yang menjadi pelaku sastra. Sebab dunia semakin berkembang, makanya di media sosial seperti Facebook, sudah banyak yang membuat komunitas atau group sastra cyber.

Salah satunya adalah group sastra Sang Pujangga, Coretan Sastra Anak Nusantara, Beranda Senja dan Majalah Sastra Indonesia.

“Adanya komunitas atau group sastra cyber di media sosial facebook, itu berdampak positif yang besar. Karena semakin berkembang ya group sastra cyber, menjadi suatu ajang diskusi serta berbagi pengetahuan lagi, tentang pemahaman dan dasar-dasar ilmu kesusastraan atau sastra Indonesia.

Khususnya di bidang tulis menulis dan membaca, atau yang kita kenal dengan sebutan literasi. Sekaligus banyak sekali orang-orang atau para pelaku sastra pemula, yang tidak mengetahui dasar-dasar pemahaman sastra.(Syah)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

CSR IFG Bantu Cipasung, Desa Binaan STP Trisakti

Desa wisata Cipasung sedang dalam proses perkembangan untuk menjadi lebih baik dari awal d…