Home Headline Para Pedagang Lega, Pemda Kuningan dan Pemilik Lahan Sepakat Kelola Pasar Domba
Headline - News - January 22, 2021

Para Pedagang Lega, Pemda Kuningan dan Pemilik Lahan Sepakat Kelola Pasar Domba

Para pedagang domba yang biasa berdagang di Pasar Domba yang ada di Kelurahan Awirrangan akhirnya dapat bernapas lega akan kepastian mereka dalam kegiatan usaha penjualan dombanya. Hal ini dikarenakan, mereka sudah tidak lagi harus memikirkan kontrak dan perpanjang sewa lahan yang dijadikan lokasi Pasar Domba saat ini.

Kepastian ini ditandai dengan adanya kerja sama pengelolaan Pasar Domba antara pihak Pemda Kuningan yang dalam hal ini diwakili oleh Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Kuningan dengan keluarga pemilik lahan yang diwakili oleh ahli warisnya.

“keluarga Pa Udin yang diwakili ahli warisnya Pa Toto, kita sudah menjalankan sistem kerja sama antara pemerintah dan keluarga Pa Toto untuk mengelola Pasar Domba untuk ditata dan diperbaiki supaya ada kenyamanan dalam pembelian dan penjualan di Pasar Domba” Jelas Dede Sutardi, Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan.

Dede Sutardi, Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan

Menurut Dede saat melakukan sosilisasi dalam rangka pasar domba ini kepada para pedagang, Pemda Kuningan kedepannya akan menata bagaimana caranya Pasar Domba ini menjadi indah dan layak seperti pasar lainnya.

“Insya Allah dari pemerintah kedepannya akan menata bagaimana caranya pasar domba ini menjadi indah dan layak seperti pasar lainnya, tidak ada lagi ada kontrak-kontrakan, selagi Pemda Kuningan belum membeli tanah untuk Pasar Domba, karena tidak semudah yang kita bayangkan membeli tanah untuk pasar” Jelas Dede.

Lokasi lahan seluas 1.190 meter persegi ini nantinya akan dikelola bersama antara Pemda Kuningan dengan pihak keluarga pemilik tanah untu menjadi Pasar Domba yang lebih tertata dan nyaman untuk melakukan transaksi penjualan Domba.

“terima kasih atas nama pemerintahan, atas nama kepala dinas , saya berterima kasih sekali atas kebesaran hati keluarga almarhum pemilik tanah yang diwakili Pak Toto untuk pasar domba ini, Alhamdulillah sudah tidak ada permasalahan lagi yang setiap tahun menjadi masalah” Pungkas Dede.

Sementara itu, Kapolsek Kuningan Kompol Agus Suroso yang juga sedang berada dilokasi untuk membantu sosialisasi pasar domba ini menjelaskan, selama ini beberapa masalah yang kerap terjadi adalah terkait ketidak pastian usaha yang dirasakan oleh para pedagang, banyak yang mengatasnamakan pemilik lokasi yang tentunya menjadi kerawanan sendiri, kemudian kepastian diperpanjang atau tidaknya lokasi usaha.

“kita juga akan selalu koordinasi sebagai penengah untuk memberikn saran dan masukan, termasuk siapa-siapa yang akan menjadi pengurus disini itu harus resmi dikeluarkan minimalnya dikeluarkan oleh Kabid Pengelolaan pasar, untuk meminimalisir terjadinya praktek-praktek premanisme lah” Jelas Kapolsek Kuningan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tiga Hari Lagi Insentif Nakes Cair

Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan hari Senin nanti (02/8) akan segera mencairkan tiga b…