Home Headline Dengan Siskamling, Nakes Puskesmas Jalaksana Rutin Lakukan Edukasi dan Sosialisasi
Headline - Kesehatan - January 19, 2021

Dengan Siskamling, Nakes Puskesmas Jalaksana Rutin Lakukan Edukasi dan Sosialisasi

Setelah sekitar seminggu lamanya obyek wisata ditutup dari kunjungan sesuai dengan Surat Edaran Bupati Kuningan nomor 443/36/Huk dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19, mulai hari ini (19/01) dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat, obyek wisata kembali dibuka kembali.

Suara nyaring terdengar dari pengeras suara di salah satu obyek wisata kolam renang di Desa Manislor Kecamatan Jalaksana, untuk mengingatkan kepada setiap pengunjung agar selalu menjalankan protokol kesehatan dan 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas.

Melalui pengeras suara, salah satu tenaga kesehatan Puskesmas Jalaksana terlihat sedang memberikan informasi dan edukasi kepada setiap pengunjung yang datang ke obyek wisata tersebut.

Kepala Puskesmas Jalaksana, Sri Widiastuti yang berada di lokasi menjelaskan untuk mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 di obyek wisata, Puskesmas Jalaksana sudah membuat jadwal untuk melakukan kunjungan ke setiap obyek wisata yang ada di Kecamatan Jalaksana untuk memberikan sosialisasi dan edukasi terkait Covid-19.

“Puskesmas itu membuat jadwal untuk setiap obyek wisata yang ada di Kecamatan Jalaksana, karena ada tim khusus dari satgas covid kecamatan yang mana dibagi untuk memberikan sosialisasi dan edukasi” Jelas Sri Widiastuti.

Menurut Sri, setiap hari Selasa dan Kamis  secara bergantian akan dilakukan kunjungan langsung ke obyek wisata untuk memberikan informasi secara berkesinambungan

“Untuk jadwal kita punya jadwal hari Selasa dan Kamis dengan nama istilah Siskamling, Sistim informasi kesehatan Masyarakat Keliling, untuk penyebaran informasi tidak terbatas kepada objek wisata tetapi ke 15 desa dan toserba yang ada di Kecamatan Jalaksana juga” Lanjut Sri.

Sri Widiastuti menyampaikan, selama ini terjalin kerjasama yang baik antara Puskesmas Jalaksana selaku Tim Kesehatan dengan para pemilik obyek wisata yang ada di wilayah Kecamatan Jalaksana dalam pemberian informasi, edukasi dan sosialisasi kepada setiap pengunjung yang datang ke obyek wisata.

“Alhamdulillah selama ini mereka para pemilik obyek wisata proaktif dan mau bekerja sama dengan kita, mereka sangat welcome sekali, terbuka untuk tim dari kesehatan, karena dengan adanya pengkondisian seperti ini mereka juga sangat terbantu” Jelas Sri.

Lebih lanjut Sri menjelaskan, dengan banyaknya pengunjung wisata, kalau orang per orang  akan sulit untuk komunikasi dan edukasi, tetapi dengan adanya informasi menyeluruh dari tim kesehatan hasilnya akan lebih maksimal.

Selaku Tenaga Kesehatan, Sri menegaskan tim kesehatan dari Puskesmas Jalaksana tidak merasa terbebani saat menjalankan tugas untuk pemberian informasi, edukasi dan sosialisasi kepada setiap pengunjung yang datang ke obyek wisata.

Baginya, hal yang paling penting adalah para pengunjung bisa mematuhi Protokol Kesehatan agar mengurangi resiko terpapar Covid-19, dan pandemi ini segera berakhir.

“Insya Allah kita tidak terbebani, yang kita inginkan pandemi ini segera berakhir” Pungkasnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tamkot Kitchen Bagikan 1000 Nasi Box Untuk Nakes di Kuningan

Wabah Covid-19 memaksa setiap individu harus lebih kuat, terutama yang terpapar dan positi…