Home Headline Empat Wakil Rektor Uniku Masa Jabatan 2021–2025 Dilantik
Headline - Pendidikan - January 15, 2021

Empat Wakil Rektor Uniku Masa Jabatan 2021–2025 Dilantik

Setelah seminggu yang lalu, Dikdik Harjadi dilantik sebagai Rektor Universitas Kuningan (Uniku) masa jabatan 2021 – 2025 oleh Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Uri Syam. Hari ini (14/01/2021), Rektor Uniku Dikdik Harjadi secara resmi melantik Empat Wakil Rektor dengan masa jabatan 2021 – 2025 di Lobi Gedung Rektorat Kampus I.

Keempat Wakil Rektor Universitas Kuningan (Uniku) masa jabatan 2021 – 2025 yang dilantik adalah Wakil Rektor I (Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Publikasi Ilmiah dan Inovasi), Anna Fitri Hindriana, Wakil Rektor II (Keuangan, Adm Umum, Perlengkapan dan Sistem Informasi),  Ilham Adhya, Wakil Rektor III (Ketenagaan, Kelembagaan, Kerjasama dan Marketing), Haris Budiman, dan Wakil Rektor IV (Kemahasiswaan, Alumni dan Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa),  Novi Satria Praja.

Proses pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan dilakukan secara luring dan daring tersebut, dihadiri oleh Ketua Pembina YPSAK Djuhari Karnawisastra, beserta jajarannya, Ketua Dewan Pengurus YPSAK Uri Syam, beserta jajarannya dan para pejabat di lingkungan Uniku.

Rektor Uniku Dikdik Harjadi dalam sambutannya mengatakan, Uniku memiliki tantangan yang tidak ringan dalam persaingan ke depan. Perguruan Tinggi negeri dan swasta lain telah mampu melakukan berbagai inovasi dan upaya untuk menjadikan kampus masing-masing supaya lebih baik dan semakin dipercaya oleh masyarakat.

“Uniku tidak boleh ketinggalan. Kita harus terus meningkatkan capaian yang telah diraih selama ini, Inilah tugas berat yang harus kita pikul bersama-sama terutama oleh para Wakil Rektor yang baru saja dilantik, Uniku harus semakin maju dan berkembang” tuturnya.

Rektor Uniku yang menjabat untuk periode kedua itu, berpesan kepada Wakil Rektor I harus mampu membuat inovasi akademik yang dapat menciptakan suasana proses belajar mengajar atau atmosfir akademik yang baik, nyaman,dan kondusif bagi mahasiswa serta dosen.

Menurutnya, upayakan untuk secara konsisten dan terus menerus berupaya meningkatkan kualitas akademik yang pada akhirnya diharapkan akan meningkatkan kualitas lulusan kita. Selain itu aspek penting lainnya yang harus kita pikirkan adalah upaya peningkatan kualitas penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dari para  dosen Uniku.

“Publikasi ilmiah yang harus dihidupkan kembali serta upaya mendorong para dosen untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di Jurnal internasional yang bereputasi. Ke depan kita harus membangun iklim dan budaya penelitian serta publikasi ilmiah secara lebih masif lagi.  Selain itu perlu didorong pula baik dosen maupun mahasiswa untuk menghasilkan karya-karya  inovasi yang mampu memberikan manfaat bagi institusi berupa HKI atau paten serta manfaat bagi masyarakat umum,” pesannya.

Dikdik juga berpesan kepada Wakil Rektor II agar dapat mengelola keuangan kampus dengan sehat dan efektif. Pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel akan terus didorong dengan mempersiapkan diri untuk melakukan audit eksternal dengan Kantor Akuntan Publik.

“Berbagai sarana penunjang pembelajaran maupun layanan perlu untuk terus dilengkapi. Serta tidak lupa kita juga akan terus melakukan digitalisasi system layanan melalui upaya untuk mengembangkan dan mengintegrasikan  system informasi yang ada,” pesannya.

Sedangkan, pesan untuk Wakil Rektor III pun memiliki tanggung jawab besar berkaitan dengan ketenagaan/SDM. Perlu terus menjaga terpenuhinya rasio dosen-mahasiswa untuk beberapa Prodi serta upaya untuk terus mengembangkan kualifikasi dosen yang ada. 

Upaya mendorong para dosen untuk melanjutkan ke jenjang S3 perlu terus dilakukan. Demikian juga perlu terus ditata dengan lebih baik system tata kelola Uniku sehingga dapat membantu proses berjalannya organisasi dengan lebih baik.

“Kerjasama juga perlu terus didorong terutama kerjasama dengan industry dalam rangka implementasi Meredeka Belajar-Kampus Merdeka. Kita juga terus melakukan inovasi-inovasi dan strategi baru dalam menjaring calon mahasiswa baru. Kita harus dapat memanfaatkan secara maksimal perkembangan teknologi informasi sebagai bagian dari upaya untuk menarik calon mahasiswa baru,” pesannya.

Terakhir dalam kesempatan tersebut, Dikdik menyampaikan pesan kepada Wakil Rektor IV, yang akan membidangi kemahasiswaan, alumni dan pengembangan kewirausahaan.

Kita pahami bahwa mahasiswa adalah  ujung tombak dari keberlanjutan Uniku ke depan. Apalah artinya kampus yang megah, dosen yang profesional dan sarana yang lengkap jika mahasiswanya tidak ada,atau tidak dikelola dengan baik.

“Saya berpesan kepada Wakil Rektor IV agar dapat membimbing mahasiswa dengan baik dan akrab. Wakil Rektor IV juga harus mampu menjadi jembatan untuk menghubungkan kepentingan kampus dan mahasiswa, berkomunikasi dengan bahasa mahasiswa.  Sehingga dengan cara itu akan terbentuk hubungan yang baik dan sinergi demi untuk kampus tercinta,Uniku,” pesannya.

Terpisah, Ketua Pengurus YPSAK Uri Syam dalam amanatnya, menyampaikan, saya atas nama YPSAK mengucapan selamat atas dilantiknya empat orang Wakil Rektor Universitas Kuningan (Uniku), semoga senantiasa mendapat petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT dalam menjalankan tugas membantu Rektor sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

“Tidak lupa pula kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para Wakil Rektor masa jabatan 2017-2020 atas pengabdian dan dedikasinya demi kemajuan Uniku,” tuturnya.

Menurutnya, dengan berdasarkan pada ketentuan Statuta yang menyatakan bahwa apabila dipandang perlu, Rektor dapat menambah atau mengurangi jumlah Wakil Rektor dan pembidangannya dengan persetujuan Yayasan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tiga Hari Lagi Insentif Nakes Cair

Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan hari Senin nanti (02/8) akan segera mencairkan tiga b…