Home Headline PKK Mitra Strategis dan Taktis Pemerintah Kabupaten Kuningan
Headline - Pemerintahan - January 7, 2021

PKK Mitra Strategis dan Taktis Pemerintah Kabupaten Kuningan

Sebagai mitra strategis dan taktis Pemerintah Kabupaten Kuningan, PKK sangatlah berperan dalam “membumikan” pembangunan agar dapat dirasakan secara langsung ditingkat keluarga dan rumah tangga.

Saat menghadiri Rapat Koordinasi Program PKK dan SKPD di Pendopo Kabupaten Kuningan(07/01/2021), Bupati Kuningan H. Acep Purnama menyampaiakan bahwa, Mayoritas anggota PKK terdiri dari kaum perempuan dan jaringan mitra di semua tingkatan melalui dasa wisma.

Petugas dasa wisma mempunyai peran yang cukup baik sebagai agen pembangunan yang bermitra dengan Pemerintah Desa melalui DPMD. PKK sendiri memiliki tingkat lingkungan dasa wisma yang setiap kadernya bertanggung jawab 10-20 rumah.

“Saya optimis kepada PKK dalam membangun perencanaan pelaksanaan serta merealisasikan program secara bersama-sama yang dimulai dari RT, RW dan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang sholeh dan sholehah.” Ujar Bupati.

Rapat Koordinasi Program PKK dan SKPD yang digelar ini bertujuan untuk membangun sinergi program-program yang akan dilaksanakan pada tahun 2021.

“SKPD memiliki irisan program dan kegiatan dengan PKK, dimana pertemuan hari ini dimaksudkan agar pelaksanaan kegiatan di SKPD dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan PKK terutama dalam penentuan lokasi, sasaran penerima dan proses pemberdayaannya di lapangan.” Lanjut Bupati.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama menyampaikan, masyarakat Kabupaten Kuningan mampu menjadi masyarakat yang sehat dan Mandiri salah satunya dengan Dinas Kesehatan yakni pemenuhan gizi balita dan anak, serta meningkatkan kesehatan ibu hamil.

Tak hanya itu, PKK juga berperan penting untuk terjun langsung mendeteksi terkait kejadian yang ada seperti anggaran untuk menurunkan angka stunting, TBC, AIDS dan penyakit lainnya. serta di sektor pendidikan PKK juga telah bekerjasama dengan BNN dalam mengedukasi remaja dari bahaya penggunaan narkoba dan pergaulan bebas.

“PKK sendiri juga mempunyai satu program dari PKBM Desa Sadamantra bagi anak-anak yang putus sekolah, dimana program tersebut mempunyai kegiatan untuk melatih anak-anak tersebut agar melakukan usaha di Kopi Lendot Mang Elon.” Ujar Ketua PKK.

Sebelum mengahiri sambutanya Ketua PKK berharap, agar PKK terus bersinergi dengan Bupati, SKPD dan lapisan masyarakat untuk memberikan edukasi dan pembagian masker ke setiap desa di Kabupaten Kuningan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

CSR IFG Bantu Cipasung, Desa Binaan STP Trisakti

Desa wisata Cipasung sedang dalam proses perkembangan untuk menjadi lebih baik dari awal d…