Home Headline Program Inovasi Desa Cikaso, diapresiasi Bupati Kuningan
Headline - News - December 21, 2020

Program Inovasi Desa Cikaso, diapresiasi Bupati Kuningan

Klikkuningan.com – Desa Cikaso pernah mendapat predikat Kampung Tangguh Lodaya, Program Kampung Tangguh Lodaya (KTL) adalah program Kapolri dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat dalam menghadapi pandemic covid 19.

Saat ini Desa Cikaso sedang melakukan upaya penguatan ekonomi di sektor kepariwisataan dengan inovasi yang akan dikembangkan secara berkelanjutan. Wisata tersebut salah satunya wisata sawah dengan mengusung konsep wisata agro pertanian dan edukasi.

Kepala Desa Cikaso Hidayat, menjelaskan kawasan lainnya yang akan dikembangkan yaitu agro dan bumi perkemahan, dengan memanfaatkan lahan tidur berupa tanah perkebunan desa seluas 2,5 hektar.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama saat ikut dalam panen raya cabai rawit bersama Kepala Desa Cikaso beserta perangkat desa, para ibu-ibu kelompok tani, Pokdarwis “ Rumpun Padi”, Karang Taruna dan Kelompok Kampung Tangguh di Area Wisata Kampung Tangguh Lodaya Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya , Kabupaten Kuningan (20/12) menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu Desa Cikaso di canangkan sebagai Kampung Tangguh dan panen cabai ini adalah sebagai salah satu bukti ketangguhan dalam bidang pangan.

“Program inovasi desa cikaso dalam bidang pertanian  ini,  dari modal yang tertanam baru dari 1 atau 2 komoditi salah satunya cabai ini sudah bisa menghasilkan profit yang lumayan, belum dari komoditi lain seperti bawang, oncang, jahe dan lainnya ” tutur Bupati.

Selain itu, dikatakan Bupati ini adalah sebagai salah satu contoh kongkrit untuk bisa di contoh oleh masyarakat desa lainnya dimana mari kita manfaatkan sejengkal lahan untuk ditanami dengan suatu hal yang bermanfaat. Salah satunya Program Kampung Tangguh, Program kerjasama di bidang pengembangan pariwisata, ekonomi kreatif, dan pertanian yang maju.

Lebih Lanjut, Bupati mengucapkan terima kasih atas inovasi dan kolaborasi kerjasama yang baik antara desa dengan pemerintah kecamatan dan kabupaten, forkopimda kecamatan dengan  forkopimda kabupaten dan seluruh elemen yang membuat semua ini terwujud.

Bupati berharap, jika Desa Cikaso memiliki konsep wisata agro pertanian dan edukasi, pengunjung yang datang bisa berwisata dengan memetik/memanen tanaman pertanian yang ada.

“Kalau sudah jadi Desa Wisata, disini ada cabe, ada terong, orang berbelanja boleh memetik terus ditimbang” Pungkasnya (Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pokdakan Langlang Buana Cilimus, Butuh Dukungan untuk Pengembangan Budidaya Ikan

Salah satu tugas penyuluh perikanan adalah membentuk, memfasilitasi dan mendampingi kelomp…