Home News Jaga Kelestarian Alam, Pemdes Jalaksana Tanam Ratusan Bibit Pohon
News - December 5, 2020

Jaga Kelestarian Alam, Pemdes Jalaksana Tanam Ratusan Bibit Pohon

Klikkuningan.com – Guna menjaga kelestarian alam agar tetap sehat dan nyaman, Pemerintah Desa (Pemdes) Jalaksana Kecamatan Jalaksana, kembali melakukan penghijauan dengan menanam berbagai jenis pohon. kegiatan yang di ikuti oleh berbagai elemen yang ada di desa dipimpin langsung oleh Kepala Desa Jalaksana Juhana S.Pd M.Pd. Jumat (04/12/2020)

Dengan memanfaatkan tanah kas desa yang berada di Blok Tangsi Rt 03 Dusun 1, puluhan bibit pohon dari berbagai jenis satu persatu ditanam seperti bibit pohon Jati, Makalonia, Petai, dan alpuket, tampak dilokasi puluhan ibu-ibu kader PKK turut serta dalam kegiatan penanam bibit pohon tersebut.

Kepala Desa Jalaksana Juhana S.Pd M.Pd menuturkan, penanaman bibit pohon dilakukan Pemdes Jalaksana dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan sekaligus realisasi surat edaran bupati kuningan, dimana setiap desa diwajibkan untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan salah satunya dengan menanam pohon.

“mungkin manfaat dengan menanam pohon ini tidak dapat dirasakan dalam waktu singkat, namun kelak usaha yang kami lakukan ini, akan sangat berguna bagi anak cucu kita dimasa depan, paling tidak mereka bisa hidup dilingkungan yang bersih,”harap Juhana

Lebih jauh Juhana berharap,melalui kegiatan penanaman pohon tersebut dapat menjadi contoh sekaligus himbauan kepada warganya untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan,karena menurutnya pohon merupakan sumber kehidupan bagi manusia, bahkan Juhana meminta kepada warganya untuk memanfaatkan setiap jengkal tanah di pekarangan rumah untuk di tanami pohon.

Ratna salah seorang warga Desa Jalaksana mengaku, sangat mendukung langkah Pemdes Jalaksana dalam menjaga lingkungan. menurut Ratna, apa yang dilakukan Pemdes Jalaksana merupakan contoh yang baik yang harus di ikuti oleh warga lainnya.

”saya setuju sekali dengan kegiatan penanaman pohon tersebut. saya jadi tergerak untuk melakukan hal yang sama, mudah-mudahan apa yang telah dilakukan pemdes bisa di ikuti oleh warga lainya, ya minimal dipekarangan rumah kita di tanami pepohonan seperti,sayuran buah-buahan dan lainya yang bermanfaat bahkan bernilai ekonomis,”tutur Ratna.(Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Sinergisitas TNI bersama Masyarakat, Wujudkan Pipanisasi di Desa Cipedes

Serbuan teritorial merupakan pola pembinaan untuk optimalisasi program yang telah dilaksan…