Home Headline Teknologi Tepat Guna Jawab Permasalahan Masyarakat
Headline - Ragam Info - December 3, 2020

Teknologi Tepat Guna Jawab Permasalahan Masyarakat

Klikkuningan.com – Penciptaan dan pengembangan teknologi diharapkan mampu menekan dampak negative perubahan iklim, serangan hama dan penyakit pada tanaman.
Atas dasar hal tersebut, DPMD Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Pemberdayaan Aplikasi Teknologi Tepat Guna yang bertujuan untuk penerapan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah, murah serta menghasilkan nilai tambah baik dari aspek ekonomi maupun lingkungan hidup.
Kepala DPMD Kab.Kuningan, Dudi Pahrudin menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan di 6 desa diantaranya Desa Setianegara Kecamatan Cilimus, Desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede, Desa Cipancur  Kecamatan Kalimanggis, Desa Datar Kecamatan Cidahu, Desa Jalatrang Kecamatan Cilebak dan Desa Luragung tonggoh Kecamatan Luragung.
Bantuan yang diberikan kepada masyarakat diantaranya Pupuk hayati cair, Pupuk Kandang, Sprayer, Ember, Drum/ember.
‘Drum/ember plastik besar dapat digunakan untuk pembuatan pestisida organik secara berkelompok. atau dapat digunakan untuk budi daya ikan dalam ember” Jelas Dudi.
Menurut Dudi, program ini juga bersinergi dengan TP PKK Kabupaten Kuningan yang memiliki kegiatan program bunda menyapa ke desa-desa.
Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Siti Rahmatika saat menyerahkan banguan di Desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis dan Desa Datar Kecamatan Cidahu menyampaikan rasa syukurnya dikarenakan kegiatan program bunda menyapa telah dapat dilaksanakan dengan baik, hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang turut serta berpartisipasi dalam pemanfaatan lahan pekarangan di lingkunganya masing- masing.
Menurut Ika, kegiatan bunda menyapa ini tentunya dapat dilaksanakan secara baik dan berkelanjutan atas arahan dan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, dimana hari ini menjadi salah satu bukti nyata bahwa pemda konsen dalam mendukung program ini
“dengan adanya bantuan berupa ember, pupuk cair, dan lain sebagainya dari dpmd. hal ini juga menunjukkan bahwa kegiatan ini sudah berjalan dengan melibatkan lintas sektor, yang tadinya hanya pkk dengan dinas pertanian, saat ini telah menyentuh dpmd, dan semoga kedepan dinas lainnya yang bersentuhan langsung dengan program ini dapat turut serta mensukseskan program bunda menyapa” Jelas Ika
Melalui program bunda menyapa ini, istri Bupati Kuningan, H. Acep Purnama ini berharap mampu memenuhi kebutuhan pangan keluarga yang beragam, bergizi, seimbang dan aman bagi masyarakat secara mandiri, terutama ditengah pandemi saat ini.
Diakhir sambutannya, Ika mengingatkan kepada msyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.(Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Inilah Para Pemenang Lomba Menulis Untuk Cibuntu

Klikkuningan.com – Sudah sekitar sebulan yang lalu Desa Wisata Cibuntu menggelar lom…