Home News Pakar Hukum Tata Negara Hadir di Banmus BK DPRD Kuningan
News - November 12, 2020

Pakar Hukum Tata Negara Hadir di Banmus BK DPRD Kuningan

Hibar.id- Ada yang berbeda dalam agenda rapat Badan Musyawarah (Banmus) Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Kuningan, dimana hadirmya pakar hukum tata negara yang juga Guru Besar Fakultas Hukum Unpad Bandung Prof Dr I Gde Pantja Astawa SH MH dalam rapat tersebut, meski sempat menimbulkan perbedaan pandangan namun Prof Pantja Astawa mengaku kehadirannya dalam rapat tersebut atas undangan Ketua DPRD Kuningan.

” Saya hadir atas undangan pa Ketua DPRD Kuningan,” tutur Prof I Gede Pantja Astawa saat di konfirmasi di Gedung DPRD Rabu (11/11/2020)

Sementara itu anggota Fraksi PDIP, Rana Suparman, saat ditanya terkait dinamika dalam Rapat Banmus, memberikan keterangan, pihaknya tidak mempermasalahkan kehadiran Pakar Hukum Tata Negara di sana.

“Tidak ada aturan, dalam Rapat Banmus, untuk tidak bisa mengundang pihak lain di luar anggota rapat yang semestinya. Dengan tidak bermaksud melanggar aturan, dalam rapat tadi Saya sebagai anggota Fraksi PDIP meminta pada Rapat Banmus untuk bersepakat terkait kehadiran Pak Professor Panjta, ” papar Rana.

Kenapa usulan persetujuan (kehadiran Pakar Hukum) itu dilemparkan ke anggota Rapat Banmus, Ia menambahkan, karena hukum itu adalah resultante, dan hasil kesepakatan. Jika Banmus menyetujui, maka kehadiran Professor I Gde Pantja Astawa di dalam rapat itu, sah secara hukum.

“Kenapa Saya melempar persetujuan kehadiran Prof Pantja pada rapat Banmus, karena khawatir jika ada anggapan fraksi kami mengintervensi rapat. Nanti kita dianggap melanggar Tatib dan kode etik lagi, ” tutur Rana.(Tatang Budiman)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Sinergisitas TNI bersama Masyarakat, Wujudkan Pipanisasi di Desa Cipedes

Serbuan teritorial merupakan pola pembinaan untuk optimalisasi program yang telah dilaksan…