Home Milenial Tertarik Potensi, Dua Mahasiswa Unpad Lakukan Penelitan di Desa Cibuntu
Milenial - News - September 28, 2020

Tertarik Potensi, Dua Mahasiswa Unpad Lakukan Penelitan di Desa Cibuntu

Tingkat partisipasi masyarakat dan dampaknya terhadap taraf hidup masyarakat yang ada di Desa Wisata Cibuntu Kecamatan Pasawahan, menjadi salah satu topik pembahasan yang diambil salah satu Mahasiswa Unpad Fakultas Pertanian angkatan 2016 untuk melakukan penelitian di Desa Wisata kebanggaan Jawa Barat ini.

Tia, nama mahasiswa yang sedang melakukan penelitian tertarik untuk mengambil tpik tersebut karena menurutnya karena Desa Wisata Cibuntu sudah cukup dikenal, banyak mendapatkan penghargaan yang salah satunya adalah sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam ajang Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.

“Masyarakatnya sangat ramah, dan potensi-potensi yang ada di Desa Wisata Cibuntu ini menarik perhatian untuk melakukan penelitian disini” Jelas Tia.

Selama satu Minggu, Tia bersama satu mahasiswa lainnya akan tinggal di Desa Cibuntu untuk melakukan penelitan dan selama tinggal disana, kedua mahasiswa Unpad ini akan tinggal di salah satu Homestay milik masyarakat.

Sementara itu, Fearni Aditya mahasiswa yang bersama Tia juga melakukan penelitian di Desa Wisata Cibuntu mengatakan tertarik untuk mengambil topik penelitian tentang keberlanjutan pengembangan Desa wisata Cibuntu.

Saat menerima Kedua Mahasiswa Fakultas Pertanian Unpad ini (28/9), Kepala Desa Cibuntu, Awam  sangat menyambut baik kegiatan penelitian yang sedang dilakukan mereka.

Apalagi menurut Kepala Desa yang akrab dipanggil Abah ini, konsep pengembangan desa wisata adalah mengintegrasikan segala potensi yang ada di desa, karena secara prinsip sebuah desa wisata itu tidak merubah pola hidup dan pekerjaan masyarakatnya, tapi menambah nilai dari aktivitas yang mereka lakukan.

“Desa Wisata Cibuntu masih terus berbenah untuk memaksimalkan semua potensi yang dimiliki dengan tetap mengedepankan semangat keterlibatan aktif dan pemberdayaan masyarakatnya” Jelas Abah.

Abah menjelaskan, masyarakat di Desa Wisata Cibuntu sebagian besar adalah berprofesi Petani dan Peternak, dan Cibuntu sedang mengupayakan agar sektor pertanian yang ada di Desa Cibuntu dapat ditingkatkan produksinya dan beralih ke tanaman organik, dan memanfaatkan pupuk yang berasal dari kampung Kambing.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Acep Purnama : Mari Ikuti Anjuran Pemerintah dan Patuhi Prokes

Sesuai dengan Evaluasi Resiko Kesehatan Masyarakat Kabupaten/Kota di Jawa Barat periode ev…