Home News Acep Purnama : PIRT dan Sertifikasi Halal Kewajiban Pemda
News - September 27, 2020

Acep Purnama : PIRT dan Sertifikasi Halal Kewajiban Pemda

Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan akan memfasilitasi pengurusan izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan Sertifikasi Halal secara gratis bagi para pelaku Ekonomi Kreatif dan UMKM yang ada di Kabupaten Kuningan.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama dalam sambutannya saat membuka Kegiatan Workshop Ekonomi Kreatif dan Santunan Bagi Anak Yatim Piatu di Dusun Dano Desa Cisantana, Sabtu (26/9) yang digelar oleh Karang Taruna “Komara Binangkit” Desa Cisantana Kecamatan Cigugur.

Bupati juga mendorong agar produk-produk Ekonomi Kreatif memiliki branding produk dan kemasan yang menarik, karena menurutnya hal itu sangat penting karena branding dan kemasan yang menarik membuat brand lebih dikenal, lebih menarik perhatian customer dan memiliki ciri Khas.

“Kami akan fasilitasi agar memiliki Label, di dalam label itu pasti dicantumkan PIRT termasuk sertifikat halal dan sebagainya, kita fasilitasi gratis, karena hal itu adalah kewajiban Pemerintah Daerah, tidak akan dipungut bayaran, kalau ada yang memungut bayaran bilang ke saya nanti akan saya bayarin alias gratis” Jelas Bupati.

Menurut Acep, Pemerintah Daerah sudah seharusnya bersyukur memiliki potensi-potensi ekonomi kreatif yang salah satunya adalah yang dikembangkan oleh Karang Taruna Desa Cisantana ini.

Karang Taruna “Komara Binangkit” memiliki olahan-olahan makanan dan minuman unggulan yang semuanya berbahan dari Buah Markisa. Harapan Bupati, buah Markisa ini bisa menjadi salah satu produk unggulan dari Kuningan oleh karena nya Bupati berharap Packaging/Kemasan produk-produk tersebut bisa di buat semenarik mungkin agar penjualan nya bisa lebih cepat dan lebih kekininan.

Bupati menyampaikan,Ekonomi kreatif merupakan salah satu bidang garapan baru yang menjadi fokus utama pemerintah daerah. Sebagaimana kita maklumi bahwa ekonomi kreatif salah satu sektor yang dapat mendongkrak dan memajukan perekonomian masyarakat kabupaten kuningan apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat kabupaten kuningan yang terdampak sehingga terpuruk secara ekonomi.

Kegiatan ini tentu menjadi sebuah upaya strategis dalam mendorong pertumbuhan sektor ekonomi kreatif di desa cisantana dan diharapkan bisa menjadi solusi untuk membangkitkan kembali keterpurukan ekonomi masyarakat yang terkena dampak Covid-19 khususnya di Desa Cisantana.

Usaha ekonomi kreatif bisa meningkatkan produktivitas desa, menyerap tenaga kerja serta meningkatkan kekuatan produk unggulan desa sehingga bisa mendorong terwujudnya kemandirian ekonomi.

“Semoga dengan adanya kegiatan Workshop Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Komara Binangkit Desa Cisantana ini bisa terus memotivasi sumber daya manusia ekonomi kreatif untuk terus meningkatkan inovasi dan sehingga bisa kreativitas dalam usah anya bersaing dengan produk ekonomi kreatif dari daerah lain.” Pungkas Bupati Kuningan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Terkait Insentif Nakes, Bupati Janjikan Akhir Bulan Ini Cair

Tenaga Kesehatan yang ada di Kabupaten Kuningan akhirnya dapat informasi yang menggembirak…