Home News Sekda Kuningan: Libatkan Berbagai Unsur, Kunci Keberhasilan P4GN
News - September 18, 2020

Sekda Kuningan: Libatkan Berbagai Unsur, Kunci Keberhasilan P4GN

Hibar.id- Keterlibatan berbagai unsur baik pemerintah maupun masyarakat perlu dilakukan dalam upaya melaksanakan Program Pencegahan Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), hal tersebut dikatakan Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H Dian Rachmat Yanuar M.si, saat menjadi narasumber sosialisasi P4GN yang berlangsung Hotel Prima Resort Sangkanurip Cigandamekar, Kamis (17/9/2020)

“Kita menyadari mungkin masih banyak masyarakat belum begitu sadar akan bahaya narkoba, sehingga masih sangat diperlukan edukasi yang berkelanjutan , jadi pendidikan anti narkoba di seluruh strata pendidikan penting dilaksanakan terus menerus secara massif dan komprehensif,”tutur Sekda

Dari data yang ada, lanjut Sekda, kerugian materil dari penggunaan narkoba adalah sebesar 84 Triliun rupiah/tahun dengan tingkat kematian sebanyak 30 orang/hari. Sedangkan, untuk kasus korupsi, kerugiannya adalah sebesar 31 Triliun rupiah (data per tahun 2015), dan terorisme dengan tingkat kematian sebanyak 80 orang/hari di dunia. Dapat disimpulkan, kasus narkoba memiliki kerugian lebih banyak dibandingkan dengan korupsi dan terorisme.

“Ini salah satu bukti bahwa penyalahgunaan narkoba sangat merugikan banyak pihak baik secara materil dan non-materil,” kata Sekda

Sekda menambahkan, keterlibatan masyarakat dalam melaksanakan P4GN sangat diperlukan, melalui koordinasi dengan tokoh masyarakat dan pemerintah yang berperan untuk mengikutsertakan warga dalam pengawasan narkoba dan pelaksanaan Undang-Undang. Mengadakan penyuluhan, kampanye pencegahan penyalahgunaan narkoba, merujuk korban narkoba ke tempat pengobatan. merencanakan, melaksanakan dan mengkoordinir program-program pencegahan penyalahgunaan narkoba.

“Sebagai upaya, mari kita terus dorong serta fasilitasi kegiatan yang mewadahi para generasi muda untuk dapat mandiri, kreatif dan terdorong menyalurkan bakat-minatnya,sehingga generasi muda terhindar dari penyalahgunaan narkoba,” tuturnya.(Tatang Budiman)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Sinergisitas TNI bersama Masyarakat, Wujudkan Pipanisasi di Desa Cipedes

Serbuan teritorial merupakan pola pembinaan untuk optimalisasi program yang telah dilaksan…