Home News Turut Menjaga Kelestarian, Warga Desa Sadamantra Lirik Budidaya Ikan Dewa
News - September 9, 2020

Turut Menjaga Kelestarian, Warga Desa Sadamantra Lirik Budidaya Ikan Dewa

Hibar.id- Bagi sebagian orang, memiliki hobi merupakan sesuatu yang mengasikan, apalagi jika dari hobinya itu dapat menghasilkan sesuatu nilai lebih, baik dari kepuasan maupun dari segi ekonomis, seperti halnya yang dilakukan Rohyadi warga Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana dirinya sudah beberapa tahun belakangan membudidayakan ikan yang sudah menjadi salah satu ikon Kota Kuningan yaitu ikan dewa atau nama latinny tor douronesis atau yang biasa disebut ikan kancra bodas.

Dengan memanfaatkan kolam yang ada dibelakang rumah,ia bersama rekanya yang tergabung dalam kelompok Rumah Ikan sudah beberapa tahun ini membudidayakan ikan dewa, Rohyadi beralasan dengan membudidayakan ikan yang kental dengan cerita mitosnya tersebut pihaknya turut melestariakn ikan yang hanya ada dibeberapa tempat wisata yang ada di kabupaten Kuningan tersebut.

“selain karena dikeramatkan, saya tertarik memelihara ikan dewa ini karena tidak begitu sulit untuk dibudidayakan, sekaligus merupakan upaya kami untuk turut menjaga kelestarian ikan supaya tidak punah,” kata Rohyadi. Selasa (08/09/2020).

Namun , meski tidak begitu sulit dibudidayakan, Rohyadi mengaku jika dirinya mengalami beberapa kendala dalam membudidayakan ikan dewa, diantaranya debit air yang tidak lancar menjadi salah satu kendala bagi dirinya, selain itu kurangnya dukungan pemerintah dalam membudidayakan ikan menjadi faktor lambatnya ikan dewa dibudidayakan.(Tatang Budiman)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Acep Purnama : Mari Ikuti Anjuran Pemerintah dan Patuhi Prokes

Sesuai dengan Evaluasi Resiko Kesehatan Masyarakat Kabupaten/Kota di Jawa Barat periode ev…