Home Bisnis SARING MAK NING
Bisnis - August 8, 2020

SARING MAK NING

Nama yang mungkin asing bagi mereka yang tidak suka pedas, tapi bagi pecinta pedas pasti kepo apa itu SARING MAK NING. Saring singkatan dari Sambal Kering dan Mak Ning adalah nama dalam bahasa sunda di sebut emak Ning.

Kenapa yang diambil adalah nama emak Ning, karena ide usaha dimulai dari kesukaan emak ning yang sering membuatkan cucunya sambel kering untuk bekal belajar di luar kota, dan sampailah sambal Mak Ning di kota pelajar Yogyakarta menemani cucunya menimba ilmu dan mendapatkan teman baru.

Karena disana sang cucu sering menjadikan moment makan sambal kering adalah moment kebersamaan dengan teman-teman kos dari berbagai wilayah di Indonesia dari Aceh sampai Sumatera yaitu makan sambel bersama setelah mudik dari kampoeng.

Setelah lulus, moment yang paling diingat teman-teman di kampoengnya masing-masing adalah makan bersama sambal kering mak ning. Jadilah setelah lulus menjadi ide usaha untuk mengirimkan sambel Mak Ning ke berbagai kota tujuan teman-teman kuliah dulu.

Hal ini otomatis menjadi cikal bakal munculnya produk andalan sambal kering mak ning..kenapa? Karena dari dulu sampai sekarang owner masih mempertahankan cita rasa yang sama, yang bikin pembeli ketagihan untuk order kembali.

Sambal mak ning di produksi dari bahan pilihan. Dan dibuat home made dengan tetap memperhatikan kualitas rumahan, fresh krn selalu dibuat mingguan dalam jumlah kecil dan tidak menggunakan bahan pengawet.

Sambal Mak Ning sangat praktis dan bisa dibawa kemana saja, bahkan keluar negeri sekalipun sangat aman dibawa dan dijadikan oleh-oleh khas sunda terutama Kuningan Jawa Barat. Jadi orang Jawa Barat kudu bangga pada produk lokal ini.

Sambal kering mak ning saat ini berkembang mengolah sambal basah juga, yang rencananya akan dikembangkan banyak varian, namun saat ini fokus pada sambal basah Baby Cumi, dengan sistem penjualan PO dimaksudkan agar kualitas produk tetep terjaga dan tidak berbahan pengawet.

Adapun sambal kering yang saat ini tersedia adalah Sambal original (disebut original karena asli cabe dan bawang yang di masak kering tanpa tambahan lainnya), Sambal oncom, Sambal Tempe, Sambal Teri Nasi, dan Sambal Rebon.

Sambal Mak Ning beralamatkan di kelurahan Cijoho Kuningan Jawa Barat, pemilik produksi adalah Teh Yanti yang sekarang berprofesi sebagai guru. Disamping kesibukannya mengajar Teh Yanti menyempatkan diri untuk belanja langsung ke Petani untuk memilih bahan baku dengan bahan yang berkualitas segar agar kualitas sambalpun berkualitas dan tidak mudah basi.

Semoga ide usaha ini dapat menjadi jalan untuk membangun perekonomian masyarakat dan ummat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Unik, Kedai Kopi Liberika Cipasung Usung Kopi Agroedutourism

Sebagai salah satu desa wisata yang dibina dan dibimbing oleh STP Trisakti, Desa Wisata Ci…