Home News Nanjung Urip Kahirupan Kembangkan Produk Olahan Daun Kelor
News - August 3, 2020

Nanjung Urip Kahirupan Kembangkan Produk Olahan Daun Kelor

Nanjung Urip Kahirupan atau dapat disingkat menjadi NUK, merupakan kelompok usaha pemuda yang awal mulanya bergerak pada bidang pertanian terpadu.

Seiring berjalannya waktu, kelompok ini pun mendapat pengakuan resmi dari Pemerintah Desa Dukuhlor Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan Jawa Barat melalui Surat Keputusan Kepala Desa Dukuhlor Tentang Pengangkatan Pengurus Kelompok Tani Nanjung Urip Kahirupan, yang ditetapkan pada tanggal 27 Juli 2019.

Berawal dari gairah para pemuda untuk mewujudkan konsep pertanian terpadu dilahan pertanian milik desa, dengan mengusung tema tanaman hortikultura sektor tanaman herbal, diantaranya tanaman Kelor dan beberapa jenis tanaman herbal lainnya, maka tercetuslah ide diawal tahun 2020 ini untuk lebih fokus pada pengembangan produk olahan daun kelor itu sendiri.

Melalui komitmen dan harapan pengembangan produk olahan daun Kelor ini, kami fokus pada produk Teh Kelor. Namun seiring dengan itu, kami juga mengembangkan produk Teh Kelor itu dengan menambah varian rasa, diantaranya Teh Kelor Original, Teh Kelor plus jahe, dan Teh kelor plus Rosella.

Sejak diluncurkannya produk olahan daun Kelor diawal tahun 2020 ini, peminatan masyarakat terhadap produk olahan Teh Kelor kami terbilang cukup bagus. Namun, jumlah produksi yang kami mampu tidak dapat memenuhi permintaan konsumen.

Pengolahan Teh Kelor sendiri dilakukan oleh para anggota kelompok yang berjumlah 15 orang. Dengan semangat kebersamaan, kami juga terus berupaya memasyarakatkan pohon Kelor itu untuk diikuti oleh masyarakat, baik penanaman maupun pelestarian dan pemanfaatan.

Karena sebelumnya, pemanfaatan daun Kelor itu sendiri belum terasa menyeluruh diketahui oleh warga masyarakat. Dengan hadirnya kami para pemuda yang peduli terhadap tanaman lokal dan berkeinginan melestarikannya, terlihat ada dampak positif pada masyarakat minimal dalam hal penanaman dan pemanfaatan.

Kedepan, harapan kami adalah menjadikan tanaman Kelor ini bisa menjadi salah satu produk unggulan desa kami, yang akan memberi kontribusi positif terhadap taraf perekonomian anggota kelompok, masyarakat dan Pendapatan Asli Desa.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Terkait Insentif Nakes, Bupati Janjikan Akhir Bulan Ini Cair

Tenaga Kesehatan yang ada di Kabupaten Kuningan akhirnya dapat informasi yang menggembirak…