Home Bisnis Buka Kedai Kopi Sambil Edukasi Petani Kopi untuk Petik Merah
Bisnis - August 1, 2020

Buka Kedai Kopi Sambil Edukasi Petani Kopi untuk Petik Merah

Berawal dari hobby menikmati secangkir kopi, sepasang suami-istri, Ani dan Robi tertarik untuk mengembangkan usaha Kopi dengan mendirikan sebuah Kedai Kopi yang dinamakan Eueut Coffe di Manis Kidul Kecamatan Jalaksana Kuningan.

Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang banyak tumbuh di Kuningan yang banyak digemari orang dan memiliki prospek bisnis menjanjikan.

“kita hanya penikmat Kopi, awalnya dari yang sachetan, setelah gabung dengan Komunitas Kopi yang ada di Kuningan, tertarik buat bikin Kedai Kopi” Ujar Ani.

Kedai Kopi yang sudah berdiri sejak 3 tahun yang lalu ini, banyak menyajikan kopi-kopi lokal yang ada di Kuningan. Bermula hanya sebagai penikmat atau peracik kopi, membuat Robi sang suami belajar otodidak untuk mengetahui proses pembuatan Kopi.

Rasa penasarannya akan tanaman kopi membuatnya banyak bertanya ke teman-temannya di Komunitas Kopi tentang proses bikin kopi.

“Buka kedai kopi kecil-kecilan dulu, karena banyak permintaan baru dibikin 2 lantai seperti sekarang, Kopi lokal yang ada disini berasal dari Cibunar, Ciputri, Trijaya, Cibeurem Robustanya, dan daerah lainnya sekitar sini” Lanjut Ani

Selain menjual Kopi, suminya juga banyak menjalin relasi dengan petani-petani kopi lokal, sambil melakukan edukasi kepada para Petani tentang pemahaman buah kopi yang paling baik untuk dipanen adalah yang telah matang penuh, artinya buah telah berwarna merah, akhirnya sedikit demi sedikit kesadaran masyarakat tumbuh setelah untuk melakukan Petik Merah.

“setelah kita buka kedai, kita juga ke Petani-Petani pertama di Cibunar, Cbunar khan Kopi Arabicanya bagus, luwaknya juga banyak, Petani tuh banyak yang keliru dengan petik hijau, sedikit-sedikit kita kasih pemahaman untuk Petik Merah agar bisa di jual ke Coffe Shop dengan harga jual yang lebih tinggi” Jelasnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Maksimalkan Pengelolaan Keuangan, Uniku dan BPR Kuningan Jalin Kerjasama

Universitas Kuningan (Uniku) menjalin kerja sama dengan Perumda Bank Perkreditan Rakyat (B…