Home Headline Bupati Kuningan Dukung Desa Cibuntu Maksimalkan Potensi Pertaniannya
Headline - News - July 20, 2020

Bupati Kuningan Dukung Desa Cibuntu Maksimalkan Potensi Pertaniannya

Klikkuningan.com – Konsep pengembangan desa wisata adalah mengintegrasikan segala potensi yang ada di desa, karena secara prinsip sebuah desa wisata itu tidak merubah pola hidup dan pekerjaan masyarakatnya, tapi menambah nilai dari aktivitas yang mereka lakukan.

Walaupun sudah menjadi Desa Wisata yang masuk kategori Maju, Desa Wisata Cibuntu masih terus berbenah untuk memaksimalkan semua potensi yang dimiliki dengan tetap mengedepankan semangat keterlibatan aktif dan pemberdayaan masyarakatnya.

Masyarakat di Desa Wisata Cibuntu sebagian besar adalah berprofesi Petani dan Peternak, dan saat ini Pokdarwis Desa Cibuntu dan kelompok tani lainnya telah diberikan bimtek tentang bagaimana merubah kualitas tanah yang tadinya kurang baik menjadi lebih berkualitas, dengan cara mentreatment lahan tersebut dengan mengembangkan mikroba yang berfungsi untuk memperbaiki ekologi sehingga kualitas tanaman pangan bisa lebih terjamin.

H. Jojo, salah satu tokoh masyarakat Desa Cibuntu yang selama ini konsen mendukung Cibuntu sebagai Desa wisata yang berbasis pemberdayaan masyarakat, berharap sektor pertanian yang ada di Desa Cibuntu dapat ditingkatkan produksinya dan beralih ke tanaman organik, dan memanfaatkan pupuk yang berasal dari kampung kambing.

“Saya melihatnya dengan lahan pertanian yang terbatas, bagaimana meningkatkan produksi hasil pertanian dengan beralih ke tanaman organik sehingga punya nilai jual yang lebih baik , saya juga greget dengan pupuk kandang yang banyak karena adanya kampung domba tapi belum dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk organik” Lanjutnya.

Menurutnya, sektor pertanian ini juga nantinya akan juga berkontribusi mendukung sektor pariwisata yang ada di Desa Wisata Cibuntu.
“Endingnya tamu yang berkunjung ke Cibuntu bisa menikmati hasil pertanian organik bebas pestisida semoga Kuningan bisa jadi percontohan untuk kembali ke pertanian organik, Itu konsep desa wisata sejatinya tidak merubah yang ada tapi meningkatkan dan mengembangkan” Pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, saat diwawancara usai Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kuningan melalui Video Teleconference di Ruang Rapat Linggajati Setda Kuningan, Bupati Kuningan sangat menyambut baik dan mendukung upaya-upaya yang dilakukan untuk mengangkat dan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh sebuah Desa.

“Kita semuanya kalau untuk menjadikan desa pinunjul itu mengangkat sektor pertanian, budaya, kuliner, kearifan lokal, kita angkat semuanya” Ujarnya.

Bupati sangat mendukung apa yang sedang dilakukan oleh Pemdes Cibuntu bersama Pokdarwis dan masyarakat untuk mengembangkan sektor pertanian yang ada disana dan beralih ke pertanian organik, selain untuk meningkatkan produksi juga sekaligus untuk mendukung sektor pariwisata di Desa Wisata yang sudah banyak mengharumkan Kabupaten Kuningan dengan berbagai prestasi baik Nasional maupun Internasional ini.

“Silahkan dikembangkan, boleh, saya dukung” Pungkasnya.(Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

CSR IFG Bantu Cipasung, Desa Binaan STP Trisakti

Desa wisata Cipasung sedang dalam proses perkembangan untuk menjadi lebih baik dari awal d…