Home News Peningkatan SDM, Hal Mendasar dari Sebuah Desa Wisata
News - July 16, 2020

Peningkatan SDM, Hal Mendasar dari Sebuah Desa Wisata

Kabupaten Kuningan memiliki Visi Kuningan MAJU (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023, yang salah satu programnya adalah menciptakan 25 Desa Wisata sampai tahun 2023 nanti.

Desa wisata merupakan sebuah bentuk penyesuaian antara akomodasi, atraksi dan fasilitas yang mendukung untuk disajikan pada suatu struktur yang menyatu pada kehidupan masyarakat.

Kunci keberhasilan sebuah desa menjadi desa wisata tentunya juga harus didukung dengan konsep yang baik pula. Sektor pariwisata akan menyebabkan perekonomian masyarakat lokal menggeliat dan menjadi stimulus berinvestasi dan menyebabkan sektor keuangan bertumbuh seiring bertumbuhnya sektor ekonomi lainnya.

STP Trisakti adalah Perguruan Tinggi yang sangat konsen dengan pengembangan pariwisata di Kabupaten Kuningan, salah satunya adalah Desa Wisata Cibuntu yang saat ini dekanl sebagai salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat dengan berbagai penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional. Desa Cibuntu sejak tahun 2012 dikukuhkan menjadi Desa Wisata.

Rina Suprina, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti menjelaskan untuk Desa Cibuntu sudah menjadi salah satu model Desa Wisata yang sudah jadi.

” kami mulai dari merintis dulu dari awal Desa Wisata, khan ada beberapa macam model Desa Wisata dari rintisan sampai maju, kalau disini ini sudah menjadi salah satu model yang sudah jadi” Ujar Rina.

Oleh karenanya, menurut Rina hal-hal yang sudah baik harus dipertahankan, dari segi pemodelan ini sudah jalan, sekarang yang perlu ditingkatkan adalah penunjang-penunjang lainnya diantaranya sektor pertanian dan peternakan.

“seperti tadi pertaniannya, terus kampung kambing supaya pupuk dari kotoran kambing dapat dimanfaatkan” Lanjutnya.

Untuk diketahui, Peta pengembangan Desa wisata oleh STP Trisakti di Kabupaten Kuningan saat ini meliputi 11 Desa yaitu Cipasung, Sakerta Timur, Jagara, Karangsari, Cibuntu, Paniis,  Singkup, Pasawahan, Padabeunghar dan Kaduela.

“setiap desa memiliki karakternya masing-masing, ada desa  yang memiliki Kades yang memiliki semangat yang tinggi dan masyarakatnya pun mudah termotivasi, ada juga desa yang Kadesnya sudah punya semangat yang tinggi tapi belum bisa menggerakannya” Lanjut Rina.

Menurutnya, hal yang paling mendasar untuk dipersiapkan dari sebuah Desa Wisata adalah Sumber Daya Manusianya, barulah setelah terbentuk SDM dapat dikembangkan hal-hal lain untuk menunjang keberadaan sebuah Desa Wisata tersebut.

“SDMnya dulu, kita harus siapkan SDMnya dulu, hal yang sangat dasar dari sebuah desa wisata adalah kesiapan masyarakatnya, seperti apa seh desa wisata, pelayanan prima seperti apa, sapta pesona itu apa, itu harus menjadi karakter SDM yang ada di Desa, kalau itu sudah ada itu baru dikembangkan hal lainnya seperti dari sisi Homestaynya, kulinernya dll” Pungkas Rina.

Senada dengan Rina, Kasi Kelembagaan dan Pengembangan SDM Pariwisata Disporapar Kabupaten Kuningan, Ritto Riswanto juga menekankan pentingnya peningkatan  SDM dalam sebuah Desa Wisata.

“Tapi bukan artinya masyarakat itu tidak berwawasan, namun harus ada peningkatan keterampilan dalam tata kelola desa wisata, karena pengelolaan desa wisata tergantung pada kreatifitas dan daya dukung masyarakat, sehingga memiliki paket paket wisata yang menarik dengan menjual berbagai potensi yang ada di desa masing-masing” Ujarnya.

Pemda Kuningan bersama STP Trisakti Jakarta tengah menyusun platform  pengembangan program SDM bagi desa wisata, dan langsung di direct pada model pengembangan pertanian serta UMKM.

“mudah-mudahan kondisi pandemi segera aman sehingga secepatnya aktivitas kerjasama ini bisa segera diimplementasikan” Pungkasnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Umar Modern : Setiap Wali Punya Masa Lalu dan Setiap Pendosa Pasti Punya Masa Depan

Klikkuningan.com – Sore itu ada pemandangan yang tak biasa (05/10), sekumpulan anak …