Home Bisnis Pemkab Kuningan Berencana Buka Kembali Sektor Wisata
Bisnis - Wisata - June 13, 2020

Pemkab Kuningan Berencana Buka Kembali Sektor Wisata

Klikkuningan.com – Sektor pariwisata di Kabupaten Kuningan menjadi salah satu andalan pemerintah daerah yang dikembangkan dalam program pembangunan, selain pertanian.Berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 3 di Kabupaten Kuningan, pemerintah merencanakan bakal membuka kembali tempat-tempat wisata.

Hal tersebut dikatakan Sekda Kuningan Dr Dian Racmat Yanuar, saat mengikuti Rakor persiapan berakhirnya PSBB di Ruang Crisis Center Covid-19 Kuningan, Jum’at (12/06/2020).Menurut Dian, menghadapi masa diterapkannya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sebagai kelanjutan penanganan pandemi Covid-19, pemerintah akan memberikan kebijakan bagi pengelola obyek wisata untuk membuka kembali usaha mereka.

“Menghadapi masa AKB ini kita akan mencoba membuka kembali obyek-obyek wisata, namun dalam pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap, ” kata Dian

Meski pemerintah memberikan peluang sektor wisata untuk beroperasi kembali, namun praktiknya akan ditempuh dulu semacam uji coba dan simulasi-simulasi.

“Kita akan melakukan dahulu benchmark daerah-daerah mana saja yang telah membuka lokasi wisata. Karena menurut Pak Presiden, tempat wisata ini sebagai salah satu lokasi yang paling beresiko (penyebaran Covid-19-red) jika dibuka, ” terang Dian.

Ia juga menyetujui, pendapat Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdi, yang mengatakan bahwa kesehatan dan perekonomian masyarakat harus berjalan seiringan.

“Di satu sisi perekonomian warga harus segera berjalan, namun di sisi lain keselamatan dan kesehatan masyarakat harus dinomorsatukan. Makanya di situ dibutuhkan adanya satu kehati-hatian, dan sistem pegawasan yang cermat, ” tandas nya.

Dian menambahkan, sebagian besar tempat wisata di Kabupaten Kuningan berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), makanya untuk dibukanya kembali lokasi wisata itu perlu adanya koordinasi dengan TNGC juga.

“Karena hingga saat ini berdasarkan hasil pertemuan dengan TNGC, kita masih menunggu Surat Izin dibukanya tempat wisata di kawasan TNGC dari Balai Konservasi dan Sumberdaya Alam Kementerian LHK. Tanpa itu, kita belum berani membukanya secara sepihak, ” imbuhnya. (Tatang)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Unik, Kedai Kopi Liberika Cipasung Usung Kopi Agroedutourism

Sebagai salah satu desa wisata yang dibina dan dibimbing oleh STP Trisakti, Desa Wisata Ci…