Home Ragam Info Ada Wabah Corona, Warga Cibuntu Adzan Maghrib Bersama
Ragam Info - April 6, 2020

Ada Wabah Corona, Warga Cibuntu Adzan Maghrib Bersama

Hampir semua negara di Dunia saat ini sedang perang melawan Covid-19, termasuk Indonesia. Untuk di wilayah Kabupaten Kuningan, berbagai upaya pencegahan terus dilakukan untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Demikian halnya dengan Pemerintah Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan, bersama warganya bahu membahu untuk bersama-sama melawan Virus Covid-19 ini. Setelah sebelumnya, Desa Wisata yang berada di wilayah utara Kuningan ini menutup kunjungan wisatawan yang akan berwisata, melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga dan fasilitas umum yang ada, mewajibkan cuci tangan pakai sabun bagi warga yang melewati gerbang desa dll.

Selain upaya pencegahan yang sifatnya ikhtiar untuk mencegah penyebaran Corona, Pemdes Cibuntu bersama warga desa (06/4) juga mengadakan babarit desa, dengan cara saat Maghrib tiba, semua warga disetiap pojok rumah masing-masing akan mengumandangkan adzan Maghrib.

“babarit akan dilaksanakan di rumah masing-masing, di empat pojok rumah, di desa di empat pojok desa, semua warga mengumandangkan adzan Maghrib” Jelas Kepala Desa Cibuntu,H. Awam.

Menurut Kepala Desa yang biasa dipanggil Abah Kuwu ini, kalau ditempat lain babarit itu adalah sedekah bumi, di Cibuntu lain babarit diadakan kalau ada wabah penyakit, sedekah bumi diadakan setiap tahun untuk merefleksikan rasa syukur setelah panen raya” Lanjutnya.

“babarit ini adalah upaya warga desa Cibuntu, berdoa bersama dengan cara masing-masing mengumandangkan Adzan Maghrib untuk memohon kepada Allah SWT agar wabah Corona ini segera berlalu, peristiwa ini dilaksanakan terakhir waktu Abah SMP 55 tahun silam” Jelas Abah Kuwu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Untuk Tingkatkan Produktivitas, Petani Nanggela akan bentuk Kelompok Tani

Sekelompok Petani di Desa Nanggela Kecamatan Mandirancan memiliki keinginan untuk membentu…