Home Ragam Info Antisipsi Covid-19, Masuk Cibuntu Wajib Patuhi Protokol Kesehatan
Ragam Info - March 29, 2020

Antisipsi Covid-19, Masuk Cibuntu Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Saat ini semua pihak di Kabupaten Kuningan melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19). Tak terkecuali bagi masyarakat di Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan. 

Desa Wisata di Utara Kuningan ini, sudah sejak pertengahan bulan Maret lalu telah menutup kunjungan wisata yang datang ke desa tersebut sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di Desa Cibuntu.

Sejumlah jalan protokol, jalan desa, rumah warga serta fasilitas umum lainnya yang ada di Desa Cibuntu juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan guna memutus mata rantai Covid-19.

Langkah antisipasi yang lainnya adalah sejak beberapa hari yang lalu, Pemdes Cibuntu membangun Posko di Gerbang masuk Desa untuk mengidentifikasi keluar masuknya warga ke Desa Cibuntu.

Letak geografis Desa Cibuntu yang diujung dan hanya memiliki satu jalur masuk ke desa, menjadikan pendirian Posko ini sangat efektif untuk mengantisipasi penularan virus corona ini di wilayah tersebut.

“Posko ini untuk melakukan pendataan terhadap warga dari luar desa yang akan masuk ke Desa Kami” Ujar Iwan salah satu Aparat Desa yang sedang berjaga di Posko.

Baik warga luar desa maupun warga asli Cibuntu, yang melewati Posko tersebut harus berhenti dan diwajibkan untuk melakukan cuci tangan dengan sabun yang sudah disediakan, sambil melakukan sosialisasi terkait Covid-19.

“ini juga upaya untuk membantu pemerintah dalam melawan virus Corona” Lanjut Iwan.

Menurut Iwan, Posko ini dijaga secara bergantian oleh Aparat Desa bersama warga guna memantau hilir mudik orang yang masuk dan keluar desa Cibuntu.

“Kita adakan Piket, Aparat Desa dan warga begantian jaga” Jelas Iwan
Penjagaan posko ini, Menurut Iwan akan terus dilakukan sampai waktu yang belum ditentukan, sampai Pandemi Covid-19 ini berakhir demi kebaikan dan keselamatan bersama khususnya masyarakat di Desa Cibuntu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Untuk Tingkatkan Produktivitas, Petani Nanggela akan bentuk Kelompok Tani

Sekelompok Petani di Desa Nanggela Kecamatan Mandirancan memiliki keinginan untuk membentu…