Home Bisnis Widara Farm Hasikan Jutaan Bibit Ikan Berkualitas
Bisnis - February 3, 2020

Widara Farm Hasikan Jutaan Bibit Ikan Berkualitas

Hibar.id – Budidaya ikan air tawar di kabupaten Kuningan ternyata bisa menjadi salah satu peluang usaha menggiurkan untuk menambah pendapatan masyarakat. Bahkan sudah banyak warga yang mengambil peluang ini sebagai salah satu penghasilan mereka. Budidaya ikan, khususnya air tawar mampu memberikan peluang usaha investasi yang nyata dan terbukti hasilnya bisa meraup keuntungan yang cukup besar.
Seperti halnya yang dilakukan oleh Sanusi Heryanto, yang sejak 2014 memulai usaha budidaya ikan air tawar Widara Mandiri Farm. Laki-laki yang juga berprofesi sebagai Kasi kesra desa Widarasari kecamatan Kramatmulya ini memiliki 21 kolam pembudidayaan bibit ikan.
Kolam-kolam yang dimiliki Sanusi memiliki ukuran variatif mulai dari 2 X 4 meter sampai dengan 11 X 12 meter, dalam 1 tahun mampu menghasilkan bibit ikan yang berkualitas 4 sampai 5 juta ekor.
“Saya distribusikan kebeberapa daerah seperti Cikijing, Majalengka, Cirebon, Subang dan Purwakarta” Ujar Sanusi
Widara Mandiri Farm melakukan pembibitan beberapa jenis ikan, terdiri dari ikan lele, gurame, nila, bawal dan koi. Untuk memudahkan pemasaran, Widara Mandiri Farm menjalin  kemitraan.
Sanusi , dalam usahanya juga sudah sejak lama tergabung dalam komunitas, dengan tujuan untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan bibit sekaligus untuk menjual ikan-ikan yang sudah siap konsumsi dari para pembudidaya ikan yang tergabung dalam komunitas. Sehingga mereka tidak perlu khawatir dengan ketersediaan bibit dan penjualan
Tingkat kesulitan dalam membudidaya ikan air tawar setiap ikan memiliki cara dan penanganan serta pemeliharaan yang berbeda proses awal dari mulai pembibitan harus dilakukan secara teliti dan ditunjang dengan kemauan serta kemampuan.
“ikan lele sampai layak jual bisa mencapai waktu sekitar 40 hari, nila 4 bulan, bawal 3-4 bulan dan yang paling lama ikan gurame, mulai pembibitan hingga jual bisa mencapai waktu 10-12 bulan” lanjut Sanusi
Sanusi menyadari usaha yang digelutinya ini tidak terlepas dari tantangan dan kendala, namun dirinya akan terus berupaya agar usaha yang dikelola bisa berjalan terus dan dapat membantu dalam penyediaan bibit ikan yang berkualitas. (lang)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Penjual Gorengan Ini, Mampu Membantu Perekonomian Keluarga

Jangan pernah menganggap enteng peran serta sosok perempuan yang terlihat lemah, dan sekil…