Home News Cisantana, Desa Pinunjul Sektor Wisata di Kuningan
News - Wisata - January 29, 2020

Cisantana, Desa Pinunjul Sektor Wisata di Kuningan

Klikkuningan.com – Sektor Pariwisata terbukti mampu menggerakkan ekonomi dan memberdayakan masyarakat dan Pemerintah Daerah kabupaten Kuningan menyadari besarnya potensi sektor pariwisata di kabupaten Kuningan, dengan Visi  5 tahun ke depan yaitu Kuningan Maju berbasis desa yang salah satu program unggulannya adalah menciptakan 25 desa wisata baru di Kuningan.
Desa wisata merupakan sebuah bentuk penyesuaian antara akomodasi, atraksi dan fasilitas yang mendukung untuk disajikan pada suatu struktur yang menyatu pada kehidupan masyarakat. Kunci keberhasilan sebuah desa menjadi desa wisata tentunya juga harus didukung dengan konsep yang baik pula. Sektor pariwisata akan menyebabkan perekonomian masyarakat lokal menggeliat dan menjadi stimulus berinvestasi dan menyebabkan sektor keuangan bertumbuh seiring bertumbuhnya sektor ekonomi lainnya
Desa Cisantana merupakan salah satu desa di Kabupaten Kuningan yang memiliki banyak destinasi wisata. Berbagai Destinasi Wisata yang ada di desa Cisantana diantaranya objek wisata Sukageuri View, Taman Cisantana , Curug Sawer , Taman Embung, Curug Landung, Jurang Landung,Buper Palutungan Buper Ipukan, Lempong Balong Tenjo Laut juga wisata Religi Gua Maria Fatima, yang banyak dikunjungi oleh wisatawan apalagi saat akhir pekan dan musim liburan.
Kepala Desa Cisantana Ano Suratno meyakini dunia wisata dengan konsep Agro Wisata, dan Ekowisata yang sesuai dengan karakter wilayahnya akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Banyaknya Destinasi Wisata yang ada akan menjadi menjadi pasar yang menarik bagi produk2 khas dan unggulan Desa Cisantana selain mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat Cisantana, juga harus dapat meningkatkan PADes Desa Cisantana yang tentunya juga nantinya untuk masyarakat juga.
“Masyarakat Cisantana mengalami proses transformasi dari X Penambang ke Wisata, ada hal yang harus dibentuk di masyarakat untuk menuju masyarakat sadar wisata sejalan dengan penataan Lingkungan yang ada.
Ano menjelaskan, majunya Desa Cisantana sebagai salah satu desa wisata di Kabupaten Kuningan tidak lepas dari dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, mulai dari Pemerintah Desa, Bumdes, Kompepar,  karang Taruna, LPM, FMMD Forum Musyawarah Masyarakat Dusun, Masyarakat Desa, Pemerintah Daerah dan Sektor Wisata.
“dari Pemerintah Daerah, kami sangat membutuhkan dukungan masalah kebijakan tata ruang dan pertanahan, kebijakan tata ruang memang itu sangat diperlukan, dengan fasilitas yang mendukung, saya yakin Destinasi di Cisantana akan menjadi trend dan icon. ke depan Cisantana akan siap dengan kondisi yang ada (sebagai Desa Wisata)” Lanjut Ano
Ano Suratno juga berharap adanya pembenahan infrastruktur di berbagai sektor sedangkan dari sisi UMKM dan Ekonomi Kreatif, selaku Pemerintah Desa akan mendorong secara kebijakan, dirinya berharap  ada sentuhan terkait masalah UMKM terutama pelatihan-pelatihan berbasis keahlian (life skill)  untuk masyarakat Desa Cisantana dengan prioritas pemuda putus sekolah, dan Ibu ibu rumah tangga.
“wisata harus ada outlet-outlet untuk mengakomodir produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat, bahkan tempat tempat pertunjukan seni budaya yang berbasis kearifan lokal, potensi yang ada bisa terus di gali, terexplore dengan baik sehingga dapat diambil manfaatnya secara maksimal” Ujar Ano.
Saat ini, sudah hampir 300 jutaan PADes yang dihasilkan dari sektor wisata untuk Desa Cisantana, dan untuk tahun ini Kepala Desa menargetkan PADes yang dihasilkan bisa melebihi 500 Juta.
“target 500 juta, dan saya yakini bisa masuk di angka 1 M jika semua terkelola dengan baik dan terintegrasi, memang butuh kerja keras, waktu dan dukungan semua pihak, kita akan lakukan pemberdayaan-pemberdayaan yang mengarah ke peningkatan PADes, tentunya saya juga berharap dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat di Desa Cisantana” Pungkasnya.(Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Umar Modern : Setiap Wali Punya Masa Lalu dan Setiap Pendosa Pasti Punya Masa Depan

Klikkuningan.com – Sore itu ada pemandangan yang tak biasa (05/10), sekumpulan anak …