Home News Bumdes Tangguh Berkarya Desa Margabakti Produksi Gula Semut Aren
News - January 2, 2020

Bumdes Tangguh Berkarya Desa Margabakti Produksi Gula Semut Aren

Desa Margabakti Kecamatan Kadugede adalah salah satu desa di Kabupaten Kuningan yang  banyak ditemukan Tanaman Aren. Sejauh ini, Nira Aren hanya dimanfaatkan oleh warga setempat untuk diproduksi menjadi gula cetak saja.

Melihat potensi yang ada, pada tahun 2017 Bumdes Tangguh Berkarya Desa Margabakti mencoba produksi dalam bentuk olahan nira lain yang bernilai lebih tinggi, yakni Gula Semut. Inovasi ini dilakukan agar gula aren mempunya nilai jual yang lebih tinggi sehingga bisa meningkatkan taraf hidup para petani aren di Desa Margabakti.

Gula Semut ini merupakan gula aren versi bubuk dengan bahan dasar untuk membuat Gula Semut adalah nira aren (tangkal kawung). Hal ini disampaikan oleh Ketua PKK Desa Margabakti, Teti Hartati.

“Gula ini gula alami yang diproduksi dari nira aren yang memiliki indeks glisemik rendah, tanpa menggunakan bahan pengawet dan pewarna tambahan sehingga aman di konsumsi oleh penderita diabetes” Jelas Teti.

Namun seiring berjalannya waktu, produksi Gula Semut belum diproduksi langsung oleh petani aren karena mereka sudah nyaman dengan kebiasaan yang lama, yakni hanya diproduksi menjadi gula cetak .

‘Karena itu, Bumdes  membina ibu-ibu dalam pembuatan produksi Gula Semut, Alhamdulillah sudah ada 1 kelompok ibu-ibu terdiri dari 10 orang yang sudah bisa produksi GulaSemut dan berjalan hingga saat ini, kelompok ini diketuai oleh ketua TP PKK desa Margabakti” Lanjut Teti.

Menurut Teti, Gula Semut yang diproduksi penjualannya sejauh ini hanya melalui media sosial saja. Walaupun awalnya hanya produksi sesuai pesanan saja, namun saat ini sudah mulai ready stok.

Teti berharap, semoga penjualan Gula Semut ini tambah meningkat lagi sehingga akan membuat warga desa semakin produktif dan pengusaha-pegusaha khususnya yang berasal dari Kuningan, para pemilik kedai kopi dsb tertarik untuk membeli produk ini sebagai tambahan/pemanis alami untuk produk mereka.

“Syukur-syukur Pak Bupati dan jajarannya yang punya bisnis Hotel dan Kedai Kopi tertarik  membeli Gula Semut ini untuk produknya,untuk pembelian bisa hub via tlp/WA ke no 085314220656” Pungkas Teti.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

CSR IFG Bantu Cipasung, Desa Binaan STP Trisakti

Desa wisata Cipasung sedang dalam proses perkembangan untuk menjadi lebih baik dari awal d…