Home Wisata Kuningan Miliki Desa Wisata Kopi Cibeureum
Wisata - December 10, 2019

Kuningan Miliki Desa Wisata Kopi Cibeureum

Klikkuningan.com – Desa Cibeureum Kecamatan Cilimus adalah salah satu desa penghasil Kopi di Kabupaten Kuningan yang berada di kaki Gunung Ciremai. Kopi Cibeureum adalah kopi robusta dengan cita rasa yang unik dengan sensasi rasa yang unik juga. Kopi ini merupakan salah satu komoditas unggulan dari Desa Cibeureum, Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan.
Di bawah binaan Bank Indonesia (BI), Desa Cibeureum tak hanya mengandalkan sektor perekonomian dari mengolah kopi. Popularitas Kopi Cibeureum menjadikan desa ini terus bertumbuh dan berkembang menjadi Desa Wisata, dengan  salah satu program unggulannya adalah “kopi edukasi” yang memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai dunia perkopian, mulai dari penanaman, pemanenan dan pengolahan biji kopi disajikan dalam paket wisata ini.
Bertempat di Situ Sanghiang Kendit, salah satu obyek wisata yang ada di Desa Cibeureum, Bupati Kuningan, Acep Purnama meresmikan Desa Wisata Kopi Cibeureum (10/12). Dengan diresmikannya CIbeureum sebagai desa wisata, Kabupaten Kuningan kembali menambah Desa Wisata yang ada sesuai dengan Visi Kuningan Maju yang akan mencetak 25 Desa Wisata sampai 2023 nanti
“Tidak salah kalau hari ini Desa Cibeureum diresmikan sebagai Desa Wisata Kopi Cibeureum, tapi tidak cukup hanya Kopinya saja, tentunya dengan pelestarian alamnya dan pengembangan obyek wisata yang lainnya” Jelas Bupati.
Dalam sambutannya, Bupati kembali menegaskan komitmen Kabupaten Kuningan untuk mewujudkan Desa Wisata dan Desa Pinunjul di Kabupaten Kuningan. Bupati mencontohkan salah satu Desa Wisata yang sudah jadi di Kuningan yaitu Desa Wisata Cibuntu dengan salah satu iconnya yaitu Kampung Domba.
Usai meresmikan Desa Wisata Kopi Cibeureum, Bupati dengan dibonceng mengendarai Sepeda Motor diajak berkeliling untuk melihat-lihat daya tarik wisata yang ditawarkan Desa Wisata Kopi Cibeureum.
Salah satunya adalah Kampung Warna Warni, adalah kampung yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sekaligus dapat menikmati pesona alam yang terdapat di objek wisata setu Sanghiang Kendit. Kedai Kopi yang menyajikan kopi khas Cibeureum dengan keindahan alam panorama setu Cibeureum dan pemandangan Gunung Ciremai, dan juga Ruang Edukasi Kopi, yaitu tempat untuk memberikan edukasi kepada pengunjung dengan diberikan paket pelatihan.
“Desa Cibeureum bisa menjadi salah satu desa yang kita banggakan, selain sebagai desa tujuan wisata,  disini juga tempat untuk memberikan edukasi kepada pengunjung mulai dari penanaman, pemanenan dan pengolahan biji kopi” Pungkas Bupati. (Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Unik, Kedai Kopi Liberika Cipasung Usung Kopi Agroedutourism

Sebagai salah satu desa wisata yang dibina dan dibimbing oleh STP Trisakti, Desa Wisata Ci…