Home Headline Susuri Situs, Kadisparbud Jabar Dorong Pengembangan Wisata Sejarah Cibuntu
Headline - News - Wisata - October 16, 2019

Susuri Situs, Kadisparbud Jabar Dorong Pengembangan Wisata Sejarah Cibuntu

Klikkuningan.com – Berlokasi di ujung Barat Kabupaten Kuningan, desa wisata Cibuntu tepat berada di lereng gunung Ciremai, sehingga tak mengherankan, jika udara di desa ini sangat sejuk dan menyegarkan. Cibuntu sendiri merupakan sebuah desa wisata yang cukup unik dan berbeda dari desa wisata lainnya, hal ini karena di lingkungan sekitar desa banyak ditemukan situs-situs purbakala.

Konon desa tersebut sudah ada sejak jaman batu (Megalitikum). Ini terlihat jejaknya masih ada berupa kuburan batu yang masuk dalam situs purbakala di Kabupaten Kuningan. Situs-situs tersebut antara lain Ada Situs Bujal Dayeuh, Hulu Dayeuh, Sahurip kaler, Sahurip Kidul, Cikahuripan dan Curug Gongseng.

Situs purbakala yang banyak terdapat di Desa Wisata Cibuntu merupakan salah satu keistimewaan daya tarik wisatanya. Konon, situs purbakala tersebut merupakan rangkaian lokus napak tilas para Wali ketika dalam perjalanan menuju Gunung Ciremai.

Adapun beberapa situs purbakala yang diperoleh dari desa ini banyak disimpan di Museum Cipari.

Keberadaan situs-situs di desa wisata Cibuntu membuat penasaran Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik yang sedang melaksanakan kunjungan bersama dengan Rombongan Peserta Diklatpim TK 1 untuk melakukan Dialog dengan Pemerintah Desa Cibuntu terkait pengembangan desa wisata.

Dedi Taufik, usai acara dialog ditemani Kasie Kelembagaan dan Pengembangan SDM Pariwisata Disporapar kabupaten Kuningan menyusuri keberadaan situs-situs tersebut.

“Situs-situs ini peninggalan yang luar biasa, peninggalan tersebut akan kita inventarisir dan kemas dengan wisata,” kata Dedi.

Walaupun harus berjalan cukup jauh dan menanjak untuk menyusuri satu per satu keberadaan situs-situs ini, Dedi Taufik tampak antusias dan bersemangat. Sambil berjalan, Dedi memaparkan peluang-peluang pengembangan wisata yang bisa dilakukan di desa wisata Cibuntu.

Saat sampai di Curug Gongseng, Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat ini tampak takjub dan kagum dengan Keindahan alam air terjun yang memiliki tekstur bebatuan yang artistik menjadi suguhan yang berbeda yang tak bisa didapatkan ditempat lain.

Walaupun kondisi air di Curug Gongseng saat kemarau ini sangat kecil, namun tetap memberikan pesona alam yang kuat bagi siapapun.

Dedi kemudian melanjutkan penyusuran ke situs-situs lainnya, penyusuran situs-situs berakhir di situs Cai Kauripan. Usai penyusuran Dedi berharap, wisata sejarah yang ada di desa Cibuntu dapat menjadi daya tarik wisatawan yang datang, selain Homestayya yang sudah dikenal dunia internasional sebagai Homestay terbaik urutan lima tingkat ASEAN

“Harus bisa dikembangkan dan diintegrasikan dengan desa wisata semua potensi-potensi yang ada dengan tetap menjaga kearifan lokal dan pemberdayaan masyarakat” Pungkasnya(Beng)  

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Inilah Para Pemenang Lomba Menulis Untuk Cibuntu

Klikkuningan.com – Sudah sekitar sebulan yang lalu Desa Wisata Cibuntu menggelar lom…