Home Headline Penerima Kuningan Award Jadi Narasumber FGD di Unpad
Headline - News - September 13, 2019

Penerima Kuningan Award Jadi Narasumber FGD di Unpad

Kuningan, – H Awam, Kepala Desa Cibuntu yang menjadi salah satu tokoh masyarakat yang saat Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-521 lalu diberikan penghargaan kuningan Award dari Pemda Kuningan atas dedikasinya yang tinggi dan layak menjadi inspirator dibidangnya, hari ini (13/09) diundang sebagai nara sumber dalam  Focus Group Discussion (FGD yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Magister dan Manajemen Universitas Padjajaran Bandung
Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Educational and Community Needs Assessment for lntegrated ln lndonesia Ecotourism Management” ini bertempat di Gedung LMFE Unpad, Jl Hayam Wuruk no 8; Bandung.
Kepala Desa yang memiliki kecintaan pada lingkungan dan seni budaya sehingga desanya menjadi desa wisata yang terkenal ini dihadapan undangan yang hadir memaparkan dirinya yang memadukan pelestarian seni budaya, kondisi alam, dan kehidupan masyarakatnya sebagai kearifan lokal untuk menjadi daya tarik bagi para pengunjung desanya
Dalam bidang Wisata, Desa Cibuntu merupakan salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat yang meraih penghargaan tingkat nasional. Cibuntu juga dinobatkan menjadi desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay. Cibuntu juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam ajang Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.
“Sebagai nara sumber, saya menceritakan pengaalman pribadi, pengalaman menjadi kades yang akhirnya menjadikan Cibuntu desa wisata, Alhamdulillah banyak yang memberikan apresiasi dari semua audiens” Ungkap Kepala Desa yang biasa dipanggil Abah Kuwu ini.
Abah Kuwu juga menceritakan prestasi membanggakan kembali ditorehkan Desa Wisata Cibuntu untuk dunia wisata di kabupaten Kuningan. Berdasarkan hasil penilaian Desk Evaluation dan Rapat Dewan Juri Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) Tahun 2019, Kementerian Pariwisata c.q. Asisten Deputi Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Pariwisata,  Desa Wisata Cibuntu terpilih menjadi salah satu nomine ISTA 2019.
Sebagai info, Lima Destinasi wisata di Jawa Barat masuk dalam daftar Nomine ISTA 2019, yaitu Dusun Bambu di Bandung Barat, Wisata Alam Green Canyon di Pangandaran, Twa Gunung Tangkuban Perahu di Subang, Kampung Naga di Tasikmalaya dan Desa Wisata Cibuntu Kuningan.(Beng)

Facebook Comments

Check Also

Tiga Hari Lagi Insentif Nakes Cair

Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan hari Senin nanti (02/8) akan segera mencairkan tiga b…