Home Headline Kuningan Memang Harus Maju
Headline - Opini - September 5, 2019

Kuningan Memang Harus Maju

Klikkuningan.com – Sesuai Visi Kabupaten Kuningan Tahun 2018 – 2023 yaitu Kuningan MAJU (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023, untuk mencapai visi tersebut, Pemerintah Daerah Kuningan memiliki Misi sebagai arah sekaligus batasan-batasan dalam proses pencapaian Visi tersebut, yaitu :

  1. Membangun Tata Kelola Pemerintahan Daerah Yang Profesional, Efektif, Demokratis, Dan Terpercaya Dengan Jiwa Kepemimpinan Nu SAJATI
  2. Mewujudkan Masyarakat Kuningan Nu SAJATI Dalam Kehidupan Beragama Dan Bernegara Dalam Bingkai Kebangsaan Dan Kebhinekaan.
  3. Mewujudkan Manajemen Layanan Pendidikan Dan Kesehatan Yang Merata, Adil, Berkualitas Dan Berkelanjutan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Nu SAJATI.
  4. Mewujudkan Pembangunan Kawasan Perdesaan Berbasis Pertanian, Wisata, Budaya Dan Potensi Lokal Untuk Mempercepat Pertumbuhan Serta Pemerataan Ekonomi Rakyat.
  5. Mewujudkan Pemerataan Infrastruktur Untuk Mendorong Investasi Dan Penciptaan Lapangan Kerja Dalam Lingkungan Yang Lestari.
    Dari Misi di atas, tentunya tergambar langkah-langkah, cara, ataupun strategi apa yang akan dilakukan Pemda Kuningan dalam mewujudkan Visi yang ingin dicapai untuk 5 tahun yang akan datang.

Sesuai Misi,terwujudnya masyarakat Kuningan Nu SAJATI Dalam Kehidupan Beragama Dan Bernegara Dalam Bingkai Kebangsaan Dan Kebhinekaan, Layanan Pendidikan Dan Kesehatan Yang Merata, peningkatan kualitas SDM, Pembangunan Kawasan Perdesaan Berbasis Pertanian, Wisata, Budaya Dan Potensi Lokal Untuk Mempercepat Pertumbuhan Serta Pemerataan Ekonomi Rakyat, Pemerataan Infrastruktur Untuk Mendorong Investasi Dan Penciptaan Lapangan Kerja Dalam Lingkungan Yang Lestari.

Syarat utama agar semua tujuan tersebut tercapai adalah kunci utamanya dengan Membangun Tata Kelola Pemerintahan Daerah Yang Profesional, Efektif, Demokratis, Dan Terpercaya Dengan Jiwa Kepemimpinan Nu SAJATI, jadi harus dimulai dari para pemimpinnya terlebih dahulu untuk memberikan suri tauladan kepada masyarakatnya.

Pemerintah Kabupaten Kuningan pastinya mencanangkan “Program Unggulan” sebagai program pembangunan daerah yang merupakan program monumental berbasis isu strategis untuk mendongkrak langsung pencapaian VISI MISI yang diusung Kepala Daerah. Program ini menjadi program prioritas bersifat strategik yang berorientasi terhadap pencapaian sasaran pembangunan.

Ada enam program unggulan dalam mewujudkan visi dan misi tersebut yakni percepatan rehabilitasi dan aksebilitas pendidikan meliputi rehabiltasi sebanyak 1000 ruang kelas, pembangunan 300 ruang kelas baru (RKB), pembangunan 100 ruang perpustakaan dan pemberian beasiswa kepada 1.000 orang siswa.

Untuk percepatan pembangunan desa khususnya sektor pertanian dan pariwisata melalui pembangunan infrastruktur 1.000 ribu jalan poros desa dan pembangunan jembatan, 1.000 kilometer jaringan irigasi, 25 desa wisata dan100 desa pinunjul.

Selain itu, peningkatan produktifitas dan lapangan kerja melalui UMKM/IMKM berbasis teknologi informasi, ketersedian bantuan permodalan pengembangan usaha, 1.000 wirausahawan baru berbasis industri kreatif dan 1.000 bantuan modal usaha skala kecil.

Selain itu pula pengembangan karakter serta keluhuran nilai-nilai agama melalui ketersediaan ruang – ruang kreatifitas masyarakat meliputi seluruh bidang, menjadikan kembali Masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat dengan memenuhi kebutuhan Masjid, salah satunya ketersediaan Alquran melalui wakaf 1.000 Mushaf Alquran.

Peningkatan layanan kesehatan khususnya bagi ibu dan anak, manula dan penyandang disabiltas melalui ketersediaan mobil Ambulan gratis yang bisa menjangkau seluruh pelosok Kabupaten Kuningan, serta revitalisasi 1.423 posyandu.

Pemerintah Daerah kabupaten Kuningan tentunya harus secara konsisten mengawal serta melaksanakan program unggulan tersebut sebagai program yang bersifat lintas sektor dan lintas SKPD, sehingga program tersebut dapat menuntaskan permasalahan daerah secara sinergis dan terintegrasi.

Tentunya dengan angka-angka yang menjadi target pencapaian program-program unggulan di atas dapat dijadikan patokan untuk melihat sejauh mana kita menilai seberapa seriuskah Pemda Kuningan dalam mewujudkan Visi Kuningan Maju Berbasis Desa yang dicita-citakan.

Penulis ambil contoh ketika Program Unggulan mencanangkan pencapaian 25 Desa Wisata dan 100 Pinunjul, artinya dalam setiap tahun mestinya akan tercipta 5 Desa Wisata dan 20 Desa Pinunjul sehingga tercapai jumlah yang ditargetkan dalam 5 tahun ke depan.

Semoga Visi dan Misi ini dapat sungguh-sungguh diusahakan untuk tercapai dan tidak sekedar rangkaian kalimat-kalimat indah, implementasi dari Visi dan Misi ini tentunya sangat ditunggu oleh semua masyarakat di Kabupaten Kuningan. Kuningan ‘memang harus’ Maju.

Facebook Comments

Check Also

Besok, Vaksin Covid-19 Sampai ke Kuningan

Sebanyak 7720 vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Kuningan, rencananya akan sampai di Kuningan…