Home Headline Sebagai Kabupaten Angklung, Kapan Angklung Jadi Mulok di Sekolah Dasar
Headline - News - April 26, 2019

Sebagai Kabupaten Angklung, Kapan Angklung Jadi Mulok di Sekolah Dasar

Klikkuningan.com – Sejalan dengan tujuan melestarikan seni angklung, desa wisata Cibuntu juga sejak 2012  telah giat melakukan penanaman bambu, sebagai bentuk melestarikan kearifan lokal ngamumule alam sangkan lestari. Bambu yang ditanam, selain jenis Bitung (pring petung), ada juga bitung jepang (bambu jepang), bambu kuning, bambu tali (awi surat), bambu hitam, bambu tamiang dan bambu ampel.

Cibuntu secara konsisten tetap menyajikan gaya khas ala sunda, baik dalam kehidupan seharihari, kuliner, tradisi dan kesenian.

Selain welcome dance Ki Lengser, Angklung selalu ditampilkan sebagai musik pengiring bahkan sebagai atraksi wisata. Pengunjung bukan saja dapat menikmati alunan musik angklung degung, tetapi juga dapat belajar memainkan angklung hingga kemudian ditampilkan dan ditonton oleh warga sebagai hiburan di depan balai desa Cibuntu.

Sekitar 2 hari lagi, Pemerintah Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI akan menggelar Gowes Wisata dan Festival Angklung Internasional di Waduk Darma Kuningan pada tanggal 28-29 April 2019. 

Menanggapi kegiatan tersebut, Kang Nandang penggiat seni desa wisata Cibuntu sangat menyambut baik seringnya Festival Angklung diadakan di Kuningan.”Grup Angklung Pojok Awi dari anak-anak Cibuntu juga akan tampil disana” Ujar Nandang

Nandang berharap dengan Festival Angklung yang diadakan diKuningan, selain meningkatkan kecintaan kita terhadap Seni Budaya Angklung juga mampu meningkatkan permintaan pemesanan Angklung.

“Cibuntu juga khan produksi Angklung dan seruling yang selama ini banyak dibeli oleh wisatawan-wisatawan yang berkunjung ke Cibuntu. Semoga dengan kegatan ini, jadi banyak yang memesan Angklung ke kita” Lanjut Nandang.

Dukungan Pemerintah khususnya Pemkab Kuningan tentunya sangat diharapkan tidak hanya sekedar acaranya, tapi sebagai Kabupaten yang sudah mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Angklung 2 tahun yang lalu sudah saatnya dukungan riil diberikan kepada para pengrajin Angklung seperti di desa Cibuntu.

“Sudah saatnya di Kuningan ada Angklung menjadi muatan lokal di sekolah-sekolah” Pungkas Nandang. (Bambang/Job/FC)

Facebook Comments

Check Also

Inilah Para Pemenang Lomba Menulis Untuk Cibuntu

Klikkuningan.com – Sudah sekitar sebulan yang lalu Desa Wisata Cibuntu menggelar lom…