Home Headline Sekda, Motor Penggerak Birokrasi untuk Wujudkan Kuningan Maju
Headline - Pemerintahan - January 3, 2019

Sekda, Motor Penggerak Birokrasi untuk Wujudkan Kuningan Maju

Klikkuningan – Sebagai  unsur pembantu pimpinan pemerintah daerah, Sekretaris Daerah (Sekda) bertugas membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah. Sekda Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si adalah sosok Birokrat yang memiliki banyak pengalaman baik dari kariernya sebagai Aparatur Sipil Negara maupun beberapa organisasi yang digelutinya.
Terkait Visi Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, yaitu Kuningan Maju berbasis desa, Dian beranggapan bahwa Pembangunan berbasis desa adalah pilihan yang tepat bagi pembangunan di Kabupaten Kuningan.
” Karena wilayah Kabupaten Kuningan terdiri dari 361 desa dan 15 kelurahan dengan potensi sumberdaya alam yang cukup juga kekayaan seni, budaya dan kearifan lokal lainnya.  Hal ini merupakan daya dorong yang sangat besar untuk mewujudkan Kuningan nu Pinunjul/maju.” Ujar Dian mengawali obrolan.
Bagi Dian, Desa Pinunjul akan menjadi bentuk percepatan pembangunan dengan memanfaatkan keunggulan setempat yang diyakini mampu mendorong perekonomian desa ke tahap yang lebih tinggi. Pencapaian Desa Pinunjul ditandai dengan aktivitas produksi dan produktivitas ekonomi yang dapat menggerakan pembangunan di desa-desa sekitar. 
Desa Pinunjul juga akan menjadi penanda penting dalam pencapaian pembangunan berbasis kewilayahan yang diterapkan di Kabupaten Kuningan. Desa-desa yang mempunyai kekuatan ekonomi dan potensi pengembangan yang baik akan dikembangkan melalui pola pembangunan terintegrasi yang melibatkan pemanfaatan sumberdaya setempat (PADes, Dana Desa, ADD), dukungan Kabupaten, Provinsi dan Nasional melalui SKPD dan peran mitra swasta (CSR). 
“Desa wisata merupakan bagian dari desa pinunjul dengan karakter utama potensi wisata yang ada di desa.  Desa pinunjul lainnya sesuai dengan karakter unggulan setempat, misal Industri, budaya, pendidikan dan lainnya.” Lanjut Putra daerah Kuningan kelahiran 50 tahun yang lalu ini.
Saat ditanyakan wisata apa yang cocok untuk Kuningan, Dian Rachmat Yanuar mengatakan Wisata berbasis alam dan budaya adalah jenis wisata yang pas untuk Kuningan. 
“Bentang alam dengan kekayaan budaya merupakan potensi utama di Kabupaten Kuningan.  Objek ekowisata yang telah teridentifikasi di Kabupaten Kuningan ada 67, tersebar di Desa-desa di wilayah Kabupaten Kuningan” Lanjut Doktor Ilmu Administrasi Publik Lulusan Universitas Pasundan ini
“Sebagai Sekda tentunya harus sebagai motor penggerak birokrasi yang akan menerapkan beberapa kebijakan berupa peningkatan kinerja birokrasi, modernisasi pelayanan public dan peningkatan kualitas SDM.  Ketiga hal tersebut akan menjadi penggerak utama bagi percepatan pembangunan setiap sektor di Kabupaten Kuningan, yang pada akhirnya bermuara pada perwujudan Visi Kuningan MAJU berbasis Desa” Kata Sekda
Untuk mendukung terwujudnya Visi tersebut, Sekda selalu melakukan konsolidasi internal,  roadshow ke setiap perangkat daerah untuk memberikan arahan  sesuai tupoksi perangkat daerah, mengigantkan akan target-target capaian yang harus dipenuhi setiap tahunnya dan memformulasikan bersama-sama strategi untuk mencapai target tsb. 
“Selain itu, saya juga memberikan motivasi kepada para ASN agar meningkatkan disiplin dan perfoma kerja”
Beberapa hal yang akan dilakukan diantaranya Penerapan merit system, penyusunan anggaran berbasis kinerja; penyusunan program inovasi yang akan dikompetisikan; penerapan e government secara bertahap di semua layanan.
Visi Kuningan Maju berbasis desa akan terwujud dengn dukungan dari semua pihak untuk Kuningan yang lebih baik.(Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Demi Kehidupan Dua Anaknya, Pemilik Pangkalan Gas Terjun ke Bisnis Catering

Melihat warga sekitar yang ada di lingkungannya kesulitan mendapatkan bahan bakar gas saat…