Home Headline Batok (Barudak Totopong Kuningan) Tambah Usia
Headline - Wisata - June 3, 2018

Batok (Barudak Totopong Kuningan) Tambah Usia

Masih ingat dengan Saung Indung. Ya, Saung Indung adalah sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang kebudayaan, kesenian, dan ekonomi kreatif di Kuningan. Saung Indung memiliki 4 Divisi, dan salah satu divisinya adalah Batok (Barudak Totopong Kuningan).
Batok (Barudak Totopong Kuningan) adalah divisi dari Saung Indung yang bergerak mensosialisasikan raksukan (pakaian) khususnya totopong atau yang lebih dikenal di masyarakat dengan sebutan iket. Divisi ini dibentuk sebagai strategi atau langkah awal mengenalkan dan melestarikan budaya, karena pada dasarnya raksukan (pakaian) khususnya totopong menjadi sebuah ciri atau identitas suatu golongan/kaum.
Malam ini (02/06) bertempat di Kedai Cofee Milik (Dwaradana/Divisi Ekonomi Kreatif Saung Indung), Batok (Barudak Totopong Kuningan) mengadakan acara syukuran Milangkala BATOK yang ke-5.
Deri Akbar selaku Ketua Dewan Pembina Saung Indung mengatakan “Ungkapan rasa syukur telah 5 tahun berkiprah, sudah bukan jadi teman tapi keluarga baik dengan yang satu komunitas maupun dengan lintas komunitas lainnya” 
“Harapan kedepan bisa lebih nanjeur (maju lagi) di semua divisi yang sekarang masing-masing sedang menggarap karya dan tugasnya masing-masing” Pungkas Kang Deri
Acara syukuran sendiri berlangsung meriah dan dihadiri komunitas-komunitas budaya dari dalam dan luar kota Kuningan diantaranya ari Bandung (bumi adat gotrabinekas) dari Bogor (panglayang ka Bhuwana)dari Ciamis (KiGaluh), dari Komunitas Galuga Kuningan, Kelana Buana Raltagan, komunitas Jepret kuningan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tamkot Kitchen Bagikan 1000 Nasi Box Untuk Nakes di Kuningan

Wabah Covid-19 memaksa setiap individu harus lebih kuat, terutama yang terpapar dan positi…