Home Headline Peduli Lansia, Ibu Ika Acep Purnama Kunjungi Posbindu Desa Nanggela
Headline - Kesehatan - January 13, 2018

Peduli Lansia, Ibu Ika Acep Purnama Kunjungi Posbindu Desa Nanggela

Posbindu adalah sebuah wadah, tempat pelayanan terpadu yang diperuntuhkan bagi lansia disuatu daerah tertentu yang didalamnya terdapat pelayanan kesehatan dan kegiatan peningkatan kesehatan serta kesejahteraan lansia yang dalam pelaksanaanya melibatkan peran masyarakat dan organisasi sosial. (Depkes RI, 2006)
Manfaat dari Posbindu adalah pengetahuan lansia menjadi meningkat, yang menjadi dasar pembentukan sikap dan dapat mendorong minat atau motivasi mereka untuk selalu mengikuti kegiatan posyandu lansia sehingga lebih percaya diri dihari tuanya. 
Sebagai program pelayanan kesehatan yang sudah rutin dilakukan oleh Bidan Desa Nanggela setiap minggunya, Posbindu Lansia dilaksanakan di setiap dusun yang ada.
Mengingat manfaatnya yang begitu luar biasa, Hj Ika Acep Purnama selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hari Jum’at (12-01-2018) datang untuk melihat langsung kegiatan Posbindu Lansia di desa Nanggela.
Dalam sambutannya, HJ Ika Acep Purnama mengatakan bahwa Posbindu adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan terhadap lansia di tingkat desa dalam wilayah kerja puskesmas.
“Kita semua harus meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan bagi lansia, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan akan terus memberikan perhatian lebih kepada mereka sebagai keluarga dan komponen masyarakat, sayangi mereka selalu” Lanjut Hj. Ika Acep Purnama.

“Semoga kegiatan Posbindu Lansia ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, dan Saya selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan akan selalu menjadi sahabat para lansia. Mereka butuh perhatian, mereka butuh kassih sayang, dan yang tidak kalah penting mereka butuh Sahabat yang peduli”sambung Hj. Ika Acep Purnama.

Hadir dalam kegiatan ini 200an Lansia desa Nanggela, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Kepala Puskesmas Mandirancan, Camat Mandirancan dan jajarannya, Kepala Desa Nanggela, Kader-Kader PKK. Bidan desa Nanggela dan Tim Kesehatan dari Puskesmas Mandirancan tampak sigap dan sabar melayani para Lansia ini
Dalam sesi pemeriksaan kesehatan ini, Hj. Ika Acep Purnama juga berkesempatan untuk mengobrol langsung dengan para lanjut usia ini, para lanjut usia ini tampak begitu senang melihat kepedulian dan ketulusan yang diperlihatkan oleh Ibu Hj. Ika Acep Purnama

“Penuaan penduduk tidak harus diartikan sepenuhnya sebagai beban. Kelompok lanjut usia seharusnya lebih diakui dan didorong potensinya sehingga para lansia dapat sehat, aktif, dan mandiri…” Ibu Hj. Ika Acep Purnama mengakhiri wawancara

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Inilah Para Pemenang Lomba Menulis Untuk Cibuntu

Klikkuningan.com – Sudah sekitar sebulan yang lalu Desa Wisata Cibuntu menggelar lom…