Home Headline Program Eco Pesantren, Wujudkan Daarul Mukhlishin sebagai Pesantren Peduli Lingkungan
Headline - Pendidikan - February 4, 2017

Program Eco Pesantren, Wujudkan Daarul Mukhlishin sebagai Pesantren Peduli Lingkungan

Eco Pesantren berasal dari kata Eco dan Pesantren. Eco diambil dari kata Ecologi yang mempunyai arti lingkungan hidup. Sedangkan Pesantren diartikan sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan ilmu-ilmu agama, khususnya ilmu tentang keislaman. Maka Eco Pesantren mempunyai definisi sebagai lembaga pendidikan Islam yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan hidup.
Pondok Pesantren Daarul Mukhlishin yang secara geografis terletak di ketinggian 1.100 mdpl dengan dipenuhi rimbunnya pepohonan, dari dulu terkenal peduli akan lingkungan hidup dan maksud dari Program Eco Pesantren adalah agar warga pondok pesantren dapat lebih menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan lingkungan

Untuk mendorong peningkatan pengetahuan, ketaatan dan kesadaran santri pondok pesantren dalam upaya pelestarian lingkungan hidup berdasarkan  ajaran islam, Porgram Eco-Pesantren sebagai salah satu program yang melibatkan warga pondok pesantern berperan aktif dalam kegiatan mewujudkan lingkungan bersih dan sehat di Pondok Pesantren Daarul Mukhlishin.

Para santri diajarkan  untuk belajar secara aktif dan terintegrasi tentang tata cara mengelola sampah yang ada di lingkungan pesantren sekaligus mendapatkan manfaat positif dari sampah melalui sistem bank sampah.

Dalam Program ini para santri akan mendapatkan pembinaan & pendampingan, pembentukan bank sampah, pengembangan sistem pengumpulan sampah, pelatihan & pembuatan materi komunikasi dan terintegrasi dengan tata cara mengelola sampah & lingkungan yang lainnya seperti: Komposting, Biopori, Daur Ulang & Urban Farming.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Demi Kehidupan Dua Anaknya, Pemilik Pangkalan Gas Terjun ke Bisnis Catering

Melihat warga sekitar yang ada di lingkungannya kesulitan mendapatkan bahan bakar gas saat…