KlikKuningan – Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Bagian Humas Setda, menerima Penghargaan PRIA (Public Relations Indonesia Awards) Program Government PR dengan programnya WAKUNCAR HANI (Waktu Kuningan Cari Hiburan dan Informasi) mewakili Bupati Kuningan oleh Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah. M.Si yang diberikan pada Malam Penghargaan PRIA 2019 di Trans Luxury Hotel Bandung. (27/3/2019).

PRIA AWARDS 2019 adalah kompetisi yang rutin diadakan PR Indonesia sejak 2016. Public Relations Indonesia Awards 2019 ini sebagai ajang kompetisi kehumasan/Public Relations (PR) paling komprehensif se- Indonesia, Kompetisi ini digelar untuk memberikan penghargaan bagi setiap kreativitas humas/public relations (PR) untuk berkompetisi menjadi yang terbaik. Sebagai satu-satunya ajang kompetisi PR, PRIA merupakan salah satu barometer unjuk kerja kehumasan yang patut untuk diikuti oleh segenap praktisi PR korporasi/organisasi baik pemerintah maupun non pemerintah.

Untuk event program Government PR diikuti oleh sekitar 600 lebih peserta yang berasal dari pemerintah Daerah, BUMN, BUMD, dan Swasta. Kategori Government PR untuk tingkat Kabupaten  dijuarai oleh Kabupaten Kuningan, Tingkat Kota di juarai oleh Kota Bandung, dan Tingkat Provinsi di juarai oleh Provinsi Jawa Barat.

Program Government PR WAKUNCAR HANI lolos administrasi dan berhak masuk pada tahap penjurian final untuk melakukan presentasi di hadapan 5 dewan juri yang dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2019 di Gedung Dewan Pers Jakarta. Dewan juri tersebut diantaranya ialah Irwa Zarkasi yang merupakan dosen Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia, Magdalena Wenas Praktisi Senior PR dan PR Indonesia Gurus, Asmono Wikan yang merupakan founder dan Pemimpin Redaksi PR INDONESIA, Ariani Djalal Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden, serta Arif Mujahidin dari Danone Indonesia.

Kepala Bagian Humas Setda Dr. Wahyu Hidayah. M.Si yang di dampingi oleh Kasubag Analisis Informasi Wibawa Gumbira, S.Sos., M.Pd menyampaikan rasa syukurnya atas raihan pengharagaan bagi Pemerintah Kabupaten Kuningan atas Program Government PR WAKUNCAR HANI (Waktu Kuningan Cari Hiburan dan Informasi).

“Semoga di tahun yang akan datang Pemerintah Kabupaten Kuningan dapat berkompetisi jauh lebih baik lagi, kita juga mencoba untuk selalu membuat inovasi-inovasi baru dalam program kehumasan, selain itu atas apresiasi yang diberikan melalui penghargaan ini memotivasi kami untuk bekerja lebih semangat, serta ucapan terima kasih kepada Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH, Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda, SH., M.Si, Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, para Kepala SKPD dan seluruh jajaran Pemerintah Daerah, seluruh staf Bagian Humas Setda, pendukung acara Sanggar Seni Swara Lokananta, serta seluruh pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu” pungkasnya.

Puncak PRIA 2019 dibuka oleh Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D di hadapan lebih dari 1.000 pasang mata praktisi PR se-tanah air dan para pemimpin mulai dari kepala daerah hingga CEO dengan mengusung tema “Kepemimpinan Inovatif Untuk Negeri”.

Dalam sambutannya Ridwan Kamil mengakui semakin strategisnya peran PR, apalagi di tengah era digital seperti sekarang kecepatan dan kemudahan masyarakat menerima informasi tidak diimbangi dengan minat baca dan menulis masyarakat. “Masyarakat kita cenderung malas membaca dan menulis, kondisi inilah yang menyebabkan negeri ini mudah percaya dengan hoaks atau berita bohong,” ujarnya.

Itulah mengapa tantangan PR di hari ini dan masa depan bukan mencari informasi, tapi memilah informasi. seraya berpesan agar praktisi PR selalu bergerak mengikuti dinamika zaman, tetap relevan, tidak berhenti berinovasi karena makin ke sini dunia makin digital. (Elang Agni)