KlikKuningan – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, menghadiri Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) yang jatuh tepat pada setiap tanggal 24 Maret Tahun 2019, yang digagas oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, yang dipusatkan di area CFD depan Pendopo Pemda Kuningan, Minggu (24/03/2019).
TB (Tuberculosis ) merupakan salahsatu masalah kesehatan masyarakat. Masalah Tuberculosis bukan hanya masalah jajaran dinas kesehatan saja, tetapi malasah kita semua. Tema HTBS tahun 2019 yaitu “Saatnya Indonesia Bebas TBC , Mulai Dari Saya”. Artinya bahwa saatnyalah kita semua berkontribusi dalam menuju Indonesia bebas TBC.
Sesuai tema HTBS 2019 yang bertujuan melibatkan semua unsur masyarakat. “Kita TP PKK Kabupaten Kuningan sebagai salahsatu unsur masyarakat berkomitmen untuk dapat berperan aktif dalam penanggulangan TBC di Kabupaten Kuningan khususnya dan di Indonesia pada umumnya,”papar Ika.
Dengan gerakan TOSS TB (Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh) mari kita temukan penderita TB yang belum di obati, lalu kita awasi pengobatannya sampai tuntas dan sembuh. Mari kita perkuat keluarga-keluarga yang ada di Kabupaten Kuningan agar bebas dari Tuberkulosis.
“Kita sosialisasikan gejala dini TBC, kita hantarkan penderita TB ke fasilitas kesehatan DOTS yang memberikan pengobatan TBC secara berkualitas , kita awasi dan damping pengobatannya sampai sembuh,”himbau Ika.
Selain itu mari kita cegah penularan TBC di keluarga dengan memperbaiki gizi keluarga, meningkatkan kesehatan pribadi dan lingkungan dan ajarkan etika batuk yang benar.
“Sesuai sub tema HTBS 2019, Ayo Ketahui Status TB-Mu Sekarang, TOSS TB Mulai Dari Saya, TOSS TB mulai keluarga dan komitmen bersama menuju Indonesia bebas TBC. Mari kita hantarkan Kuningan Bebas TBC Tahun 2030,”pungkas Ika.
Didampingi oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Ny. Yuana Ridho Suganda dan Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Ella Dian, Ika ikut berbaur dengan melakukan long march menuju taman kota untuk mengkampanyekan HTBS 2019. (Elang Agni).