KlikKuningan – Car Free Day, atau yang lebih kondang disebut CFD menjadi salah satu tempat pilihan menghabiskan libur di hari Minggu bagi warga kota Kuningan. Sepanjang jalan sekitar Taman Kota Kuningan tersebut dimanfaatkan oleh warga untuk melakukan aktivitas seperti jalan sehat, senam, bersepeda, dan lain-lain.

Bisa juga sekedar menghirup udara pagi Kuningan yang sejuk.Bagi para pengunjung yang lelah berjalan, selain bisa menikmati aneka kuliner yang banyak tersedia di area CFD ini atau kita juga bisa melihat atraksi seni dan budaya,Ajang kreasi seni dan budaya ini diberi nama “Heman ka Budak”.

Heman ka Budak adalah tempatnya anak-anak Kuningan yang punya bakat dibidang Seni dan Budaya untuk menunjukan kemampuannya di area CFD ini. Dodon Sugiharto selaku penggagas “Heman ka Budak” menjelaskan bahwa Program “Heman ka Budak” CFD Kuningan ini adalah program yang rutin setiap minggunya diadakan di CFD untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak Kuningan yang punya bakat seni dan budaya, silahkan manfaatkan untuk ajang unjuk kebolehan.

“Alhamdulillah gelaran HKB sudah yang ke-63 , minggu tanggal 24 Maret ini berjalan lancar.  Gelaran hari ini didukung penuh oleh keluarga besar SDN Unggulan Kuningan yang berlokasi di Cikaso Kramat Mulya yang menampilkan : degung,  pencak silat,  pianika orchestra,  pencak ailat,  taekwondo,  tari jaipong,  tari kreasi katumbiri,  tari topeng,  pidato bahasa inggris, nyanyi solo. ” Ujar Dodon saat di temui diarea CFD.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan ini menambahkan bahwa dengan tampil di HKB, memberikan kesempatan anak-anak berkesenian dan menambah pengalaman.

“potensi anak pasti banyak, harus dibina dan dikembangkan..Kepala Sekolah-Kepala sekolah yang lainnya harusnya meniru langkah Kepsek SDN Unggulan untuk membawa anak-anaknya tampil disini” Pungkas Dodon.

Melalui kegiatan “Heman ka Budak” ini, semoga Kuningan ke depan punya ikon baru yang akan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan selain gedung naskah, ikan dewa dan sejuknya hawa yaitu sebuah event budaya yang menampilkan berbagai atraksi budaya yang dilakukan masyarakat secara sukarela karena kecintaannya terhadap budaya. (Elang Agni)