KlikKuningan – Puluhan Polwan dari Polres Kuningan yang berkumpul di depan Pendopo kabupaten Kuningan tampak sedang bersiap menunggu peserta unjuk rasa yang akan menyuarakan aspirasinya di depan Pendopo. Mereka tampak siaga dalam mengamankan unjuk rasa yang akan terjadi di depan Pendopo kabupaten Kuningan tersebut.

Sambil menunggu datangnya para peserta unjuk rasa, HU. Fajar Cirebon melakukan wawancara dengan salah satu Polwan yang sedang bertugas, Bripda Anke. Polwan berparas cantik ini mengaku tidak pernah takut dalam menghadapi peserta unjuk rasa.Bripda Anke menjelaskan bahwa sesuai SOP,  jajaran terdepan untuk Dalmas dalam penanganan unjuk rasa itu Polwan terlebih dahulu.

“..karena khan pengunjuk rasa juga tidak semuanya laki-laki, ada perempuannya juga. Ini juga untuk menjunjung HAM juga, menghadapi massa ya sesuai prosedur..Polwan biasanya juga untuk negosiator, apalagi biasanya pengunjuk rasa khan juga mengedepankan kaum hawa dulu.” Kata Bripda Anke saat ditanyakan kepada dirinya posisi Polwan dalam menghadapi massa.

“Kalau pengunjuk rasa di depannya perempuan, terus dihadapi bukan sama Polwan..nanti ada bahasa Polisi diskriminatif..ketika situasinya mulai memuncak..baru Polwan mundur ke belakang diganti sama Dalmas laki-laki.” Lanjut Polwan yang saat ini bertugas di unit Reskim Polres Kuningan ini.

“Pokoknya ada tahapan-tahapan sesuai situasi yang terjadi di lapangan…sampai anarkis juga ada tahapannya..pokoknya kita berusaha bekerja sesuai dengan SOP, perintah Pimpinan dan bekerja dengan benar .. ya Insya Allah” Pungkas Bripda Anke.(Elang Agni)