KlikKuningan – Langit desa Nanggela, Jumat ini (18/01/2018) tampak begitu cerah,satu persatu ibu-ibu yang kebanyakan Lansia mendatangi halaman desa. Seperti biasanya, ibu-ibu tadi bersiap mengikuti senam Prolanis. Kegiatan Senam Prolanis adalah kegiatan rutin di desa Nanggela setiap hari Jumat.

Senam prolanis adalah kegiatan dalam rangka untuk meningkatkkan pemeliharaan kesehatan dan meningkatkan aktivitas fisik melalui kegiatan olahraga/senam.Bidan Desa Nanggela, Sofiah Ardi A.MdKeb menjelaskan bahwa Senam Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) bertujuan untuk mendorong peningkatan kesehatan penyandang penyakit kronis seperti darah tinggi, hipertensi, gula sesuai panduan.

Hal ini juga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.”Pesertanya dari kader-kader Posyandu, Ibu-Ibu dan Lansia. Mereka sangat Antusias mengikuti senam Prolanis” Ujar Bidan Sofi“Setiap hari Jumat, Senam Prolanis diadakan di halaman desa, sebelumnya diadakan Pemerikaan Kesehatan Lansia terlebih dahulu” Lanjut Bidan Sofi.

Lebih lanjut, bu BIdan menjelaskan bahwa penyebab terjadinya DM dan hipertensi adalah kurangnya aktivitas fisik terutama olahraga. Untuk itu,senam prolanis bertujuan untuk meningkatkan pola hidup sehat sehingga kualitas status kesehatan meningkat.”Semoga dengan Senam Prolanis ini masalah kesehatan para lansia bisa berkurang bahkan teratasi” Harap BIdan Sofi. (Elang Agni)