KlikKuningan – Anak usia sekolah merupakan sasaran strategis untuk pelaksanaan program kesehatan, merek merupakan sasaran yang mudah dijangkau karena terorganisir dengan baik. Dari beberapa penelitian diketahui bahwa sebagian anak usia sekolah mengalami masalah gizi yang cukup serius, kesehatan gigi dan  kesehatan indera penglihatan serta pendengaran.

Melihat permasalahan diatas, Puskesmas Mandirancan melakukan pelayanan kesehatan di sekolah yang mengutamakan pada upaya peningkatan kesehatan dalam bentuk promotif dan preventif. Upaya preventif antara lain kegiatan penjaringan kesehatan (Screening kesehatan) untuk peserta didik.

Puskesmas Mandirancan melakukan penjaringan kesehatan siswa di SMP N 2 Mandirancan, Penjaringan kesehatan siswa merupakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dasar yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan siswa sebagai salah satu upaya deteksi dini jika siswa memiliki masalah kesehatan yang perlu ditindaklanjuti lebih serius lagi dengan cara dirujuk ke puskesmas.

Salah satu Tenaga Kesehatan, Bidan Sofi menjelaskan bahwa Penjaringan kesehatan siswa merupakan kegiatan lintas program yang melibatkan Program Kesehatan Remaja, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Gizi Kesmas, Kesehatan Gigi Mulut dan Perkesmas.

” Ini adalah upaya preventif untuk membantu menemukan masalah dari siswa khususnya terkait kesehatannya dalam rangka kesiapan menghadapi proses belajar, sehingga diharapkan akan menunjang prestasi belajar bagi anak” Lanjut Bidan Sofi.

Sementara itu, Bidan Sri Damayanti, Tenaga Kesehatan lainnya yang juga ikut dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa Kegiatan penjaringan ini merupakan program rutin puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan anak sekolah di wilayah kerja Puskesmas Mandirancan.  

“Penjaringan anak sekolah kali ini dilaksanakan di SMP N 2 Mandirancan dan tentunya bekerja sama dengan TP UKS SMP N 2 Mandirancan dimana salah satu program kerjanya adalah pemeriksaan kesehatan rutin siswa” Ujar Bidan Sri Damayanti.

Dalam kegiatan penjaringan kesehatan siswa ini, tampak siswa-siswa SMP N 2 Mandirancan begitu antusisas memeriksakan kesehatannya. Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi : Pengukuran TB dan BB, pemeriksaan gigi, telinga dan mata, Pemeriksaan Golongan darah dan HB.  Jumlah total siswa yang diperiksa sebanyak kurang lebih 210 siswa yang berasal dari siswa kelas 7. (Beng)