KlikKuningan – Sebagai Tenaga Penggerak Desa, Ima Rahmawati dituntut untuk lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam melakukan penggerakan dan pengembangan Program KB di lapangan sehingga keberhasilan program KB dapat dicapai.

Wanita kelahiran Kuningan 37 tahun yang lalu ini merasa bahwa sebuah keharusan untuk memahami ilmu, wawasan dan pengetahuan tentang Tugas dan Fungsi TPD sehingga dalam melaksanakan program KB dan kependudukan  mereka mempunyai pengetahuan yang cukup dan kemampuan yang baik dalam melakukan pekerjaannya dilapangan.

Saat ini, Ima tercatat sebagai TPD di UPTD PPKB Kec.Kramatmulya dan statusnya sebagai Tenaga Kontrak Propinsi Jawa Barat Sebagai Tenaga Penggerak Desa/Kelurahan Kab.Kuningan di bawah naungan Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab.Kuningan “Sudah hampir 8 tahunan saya jadi TPD, awal kerja saya di UPTD PPKB Kec.Cigugur dari tahun 2011. Sekarang di UPTD PPKB Kec.Kramatmulya ” Kata ImaBagi Ima dan sekitar 100 an TPD lainnya di Kuningan, menjadi TPD itu banyak sukanya daripada dukanya.

Kuncinya adalah menikmati dan menjalani pekerjaan dengan ikhlas dan tanggung jawab.”Sukanya Sebagai Penyuluh  KB … bisa berinteraksi langsung dengan Masyarakat, menjalin komunikasi tidak hanya seputar KB , di sini Kami juga membina balita (Bina Keluarga Balita ), Remaja (Bina Keluarga Remaja), Lansia (Bina Kelurga Lansia) dan di bidang ekonomi ada UPPKS ( Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera)” Lanjut Ima

” Dimana Kami Ini Bersinergitas Dengan IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan) sepeti tokoh agama .. tokoh masyarakat dari tingkat RT sampe RW serta bidan desa. Terutama kita punya Kader KB yang super sigap dalam membantu Kita di lapangan demi kesejahteraan masyarakat” Sambung ImaSaat ditanya dukanya menjadi TPD, Ima Rahmawati tersenyum dan menjawab “Dukanya apa ya … ?? Yang ada di Lapangan Happy aja .

Paling kalau susah ngajakin PUS (Pasangan Usia Subur) Untuk Ber KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang). mereka cenderung ke suntik”Ima Rahmawati bersama TPD lainnya di Kuningan tetap selalu bersemangat untuk aktif menytukseskan Program KB, walaupun sebagai manusia biasa terkadang rasa kekhawatiran tentang status pekerjaan terkadang ada.”Untuk 2019 Kami masih aman dalam perpanjangan kontrak … dan untuk 2020 kita belum tau. 

Semoga Bapak Gubernur Ridwan Kamil memperhatikan status TPD, karena disini Kami TPD/TPK hanya sebagai Tenaga Kontrak Propinsi yang diperbantukan di Kuningan” Ima menjelaskan”Harapannya … Kami TPD/TPK Ingin diakui di Kab.Kuningan minimal sebagai Pegawai Daerah”Pungkas ImaSemoga kekhawatiran Ima Rahmawati dan rekan-rekannya sesama TPD mendapat perhatian khususnya dari para pemangku kebijakan. (Beng)