KPU Bersiap Rekrut Penambahan Anggota PPK
November 16, 2018
0 comments
Share

KPU Bersiap Rekrut Penambahan Anggota PPK

Klikkuningan-Pasca putusan Mahkamah Konsititusi nomor 31/PUU-XVI/2018 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan bersiap melakukan perekrutan penambahan jumlah anggota Panitia Pemilih Kecamatan pada Pemilihan Umum Tahun 2019.

Komisioner KPU Divisi SDM, Sosdiklih, dan Parmas Asep Z Fauzi menyebutkan bahwa menindaklanjuti surat KPU RI Nomor 1373/PP.05-SD/01/KPU/XI/2018 tanggal 5 November 2018 perihal Surat Edaran tentang proses penambahan jumlah anggota PPK pada Pemilu tahun 2019 pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018, KPU Kabupaten Kuningan akan melaksanakan rekrutmen calon anggota PPK sebanyak dua orang untuk masa tugas mulai 2 Januari 2019 hingga 16 Juni 2019 mendatang.

Mekanisme rekrutmen, dijelaskan Azfa panggilan akrab Asep Z Fauzi bahwa KPU melakukan verifikasi terhadap dua orang anggota PPK dalam penyelenggaran Pilkada serentak tahun 2018 yang tidak terpilih pada tahapan evaluasi anggota PPK untuk penyelenggaraan Pemilu 2019, dan liam orang calon anggota PPK peringat ke enam sampai dengan ke 10 hasil seleksi calon anggota PPK pada penyelenggaran Pilkada serentak 2018.

“Verifikasi dilakukan untuk memastikan calon anggota PPK yang terpilih itu tidak menjadi sebagai anggota dan pengurus Parpol paling singkat 5 tahun tidak menjadi anggota Parpol, kemudian tidak menjadi tim pemenangan peserta Pilkada serentak 2018 atau tim kampanye peserta Pemilu tahun 2019 dan memenuhui syarat sesuai ketentuan perundang – undangan,” jelas Azfa.

Dengan dasar hasil verifikasi calon anggota PPK tidak memenuhi persyaratan, KPU Kabupaten Kuningan berkoordinasi dengan lembaga pendidikan dan atau lembaga profesi untuk memenuhi jumlah peserta sebanyak 7 (tujuh) orang per kecamatan. Kemudian KPU juga melakukan verifikasi terhadap calon anggota PPK yang direkomendasikan oleh lembaga pendidikan dan atau lembaga profesi.

“Dan setelah itu semua dilalui, KPU menetapkan paling banyak tujuh orang calon anggota PPK untuk diikutsertakan dalam tes wawancara,” ujar Azfa.

Setelah KPU Kabupaten Kuningan menetapkan tujuh peringkat teratas calon anggota PPK berdasarkan hasil tes wawancara KPU juga menetapkan penambahan dua orang anggota PPK peringkat teratas menjadi anggota PPK untuk penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019, maka KPU akan mengumumkan penambahan anggota PPK hasil tes wawancara pada laman KPU Kabupaten Kuningan dan atau papan pengumuman.

“Usai itu KPU Kabupaten Kuningan melantik dan mengangkat sumpah atau janji seluruh anggota PPK hasil penambahan pasca putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018,” kata Azfa.

Untuk jadual dan tahapan kegiatan rekrutmen, disebutkan Azfa, pada tahapan seleksi PPK, pengumuman dan sosialisasi dimulai tanggal 15 – 16 November 2018, kemudian verifikasi calon anggota PPK 16 – 17 November 2018 dan rapat pleno hasil verifikasi calon anggota PPK pada 17 November 2018.

Sementara, untuk pengumuman hasil verifikasi dan jadwal pelaksanaan tes wawancara calon anggota PPK pada tanggal 18 November 2018 dan marathon, pada tanggal 19 november langsung pelaksanaan tes wawancara calon anggota PPK, dan hari itu juga digelar rapat pleno hasil tes wawancara calon anggota PPK.

“Untuk pengumuman penetapan calon anggota PPK terpilih pada tanggal 20 November 2018 dan pelantikan serta pengucapan sumpah atau janji anggota PPK terpilih pasca putusan Mahkamah Konstitusi 2 Januari 2019,” jelas Azfa. (Bengpri)

Facebook Comments