Mitra Cai Desa Nanggela Perbaikai Irigasi Tersier
November 8, 2018
0 comments
Share

Mitra Cai Desa Nanggela Perbaikai Irigasi Tersier

Klikkuningan-Mitra cai merupakan salah satu bentuk perkumpulan petani dengan kegiatan yang dikhususkan pada pengelolaan dan pembagian air irigasi. Dengan adanya kelompok Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) Mitra Cai ini, penggunaan air irigasi menjadi lebih efisien, sehingga sangat membantu petani pemakai air.

Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) Mitra Cai Desa Nanggela, mendapatkan kucuran dana dari program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM), dimana salah satu kegiatannya adalah perbaikan jaringan irigasi tersier Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung Tahun 2018.

“Saluran irigasi tersier yang kita perbaiki sapanjang 460 M, dari jumlah tersebut 410 M yang dibiayai program ini dan sisanya sepanjang 50 M adalah swadaya Mitra Cai berama warga desa” ungkap Sapii, Ketua Mitra Cai

Sasaran dalam kegiatan adalah perbaikan, rehabilitasi dan peneningkatan jaringan irigasi; perbaikan jaringan irigasi; rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi untuk meningkatkan fungsi dan kondisi serta menambah luas areal pelayanan jaringan irigasi.

Perbaikan irigasi tersier ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja irigasi desa guna meningkatkan kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan.

Sapii menyatakan rasa syukurnya atas bantuan dari Pemerintah dan berharap semoga saluran irigasi ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat petani.

“Pertanian itu sangat membutuhkan air, sehingga peranan Mitra Cai sangat menentukan dalam mendukung pembangunan sector pertanian yang terus kita laksanakan,” katanya.(Bengpri)

Facebook Comments